Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli



Evaluasi merupakan istilah yang kerap sekali diperdengarkan. Oleh sebab itu, hal yang paling mendasar adalah pemahaman tentang pengertian evaluasi menurut para ahli yang tentunya berguna untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan makna. Halaman ini akan menjelaskan lebih detail tentang itu. Mari kita teruskan.




Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli



Neliwati & Jaya (2015: 75) mengungkapkan bahwa evaluasi adalah suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu. Evaluasi dalam pendidikan dapat diartikan sebagai suatu proses dalam usaha untuk mengumpulkan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat keputusan akan perlu tidaknya memperbaiki system pembelajaran sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.



Arikunto (2012: 3) mengajukan tiga istilah dalam pembahasan ini, yaitu pengukuran, penilaian dan evaluasi.Pengukuran (measurement) adalah membandingkan sesuau dengan suatu ukuran.Pengukuran ini bersifat kuantitatif.Penilaian adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik dan buruk secara kualitatif.Sedangkan evaluasi adalah mencakup pengukuran dan penilaian secara kuantitatif.



Lebih lanjut, Arikunto (2012: 3) juga menambahkan bahwa evaluasi pendidikan memiliki makna luas, namun pada awalnya pengertianevaluasi pendidikan selalu dikaitkan dengan prestasi belajar siswa. Definisi yang pertama dikembangkan oleh RalphTyler (1950). Ahli ini mengatakan bahwa evaluasi merupakan sebuat proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagian mana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum dan sebabnya.



Senada dengan itu, Sudjana (2009: 3) mengatakan bahwa evaluasi atau penilaian menurut Nana Sudjana diartikan sebagai proses menentukan nilai suatu objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Proses tersebut berlangsung dalam bentuk interpretasi yang diakhiri dengan judgment. Interpretasi dan judgment merupkan tema penilaian atau evaluasi yang mengimplikasikan adanya suatu perbandingan antara kriteria dan kenyataan dalam konteks situasi tertentu.

Komentar