Tujuan Evaluasi Pendidikan

Evaluasi merupakan sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan di akhir suatu kegiatan untuk menentukan tingkat keberhasilan kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya. Oleh sebab itu, evaluasi juga memiliki tujuan tertentu yang dapat disesuaikan pada fungsi evaluasi itu sendiri. Pada kajian ini, akan diulas mengenai tujuan evaluasi dalam pendidikan.



Tujuan evaluasi pendidikan menurut Al-Rasyidin (2012: 185-186) adalah untuk mengukur dan menilai apakah seluruh program dan aktivitas pendidikan yang dilaksanakan telah berhasil merealisasikan program dan aktivitas tersebut kearah pencapaian matlamat pendidikan Islam, yaitu:




  1. Mengembankan potensi insaniyah peserta didik agar mereka memiliki kemampuan dalam mengarahkan dan membimbing-realisasi atau aktualisasi diri dan masyarakatnya untuk melaksanakan tugas dan peran sebagai khalifah di muka bumi.

  2. Mengembangkan potensi ilahiyah peserta didik agar mereka berkemampuan dalam membimbing dan mengarahkan mengenali dan realisasi diri sebagai ‘abd yang tulus ikhlas dalam beribadah kepada Allah SWT.


Komentar