Cara Review Jurnal: Contoh Besarta Jurnalnya

Mungkin Anda saat ini sedang ingin menyelesaikan tugas review Jurnal, dan tentunya pembahasan mengenai Cara Review Jurnal menjadi sesuatu yang penting untuk diketahui.

Halaman ini, akan menjelaskan kepada Anda tentang cara melakukan review Jurnal yang dipandu dengan langkah demi langkah praktis. Mari kita teruskan.

Sekilas Tentang Review Jurnal

Review adalah kegiatan yang dilakukan seseorang, untuk memberikan ulasan terhadap sebuah Jurnal. Review tentunya dilakukan setelah seseorang melihat, mengamati, menganalisis, dan seterusnya terhadap sebuah laman jurnal yang dikunjunginya.

Review semestinya dilakukan secara alami, dimana tidak ada unsur apapun disana. Dengan kata lain, kesimpulan yang dihasilkan dari review dapat memberikan dampak positif bagi kalangan yang terlibat seperti pengelola jurnal dan pengguna jurnal.

Ada banyak sekali laman jurnal yang dapat diakses diluar sana, terlebih lagi di Internet. Merabaknya jurnal online, membuat konsumsi jurnal semakin mudah.

Cara Review Jurnal

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan dalam pembahasan ini. Tahapan itu sebagai berikut:

  1. Temukan identitas lengkap, seperti:
    • Judul naskah
    • Jurnal
    • Volume dan Halaman
    • Tahun
    • ISSN, DOI
    • Penulis, dan
    • Reviewer
  2. Temukan tujuan, subjek dan objek penelitian
  3. Ketahui metode yang digunakan dalam penelitian
  4. Jelaskan kelebihan dan kelamahan
  5. Kesimpulan Review

Mari kita lihat, tentang apa saja yang diperlukan pada masing-masing tahapan dalam cara review jurnal di atas.

Temukan Identitas Naskah

Pertama, yang perlu dilakukan tentunya menemukan identitas naskah Jurnal yang akan direview. Biasanya, mereka terletak pada bagian atas (header) dari laman naskah. Lihat tangkapan layar ini untuk membantu:

naskah-jurnal-online
Naskah Jurnal Online

Disana, akan memaparkan lebih detail tentang identitas naskah Jurnal yang ada. Akan ditemukan banyak hal yang terkait tentang Jurnal yang ada seperti teks judul, ISSN (bila ada), Jurnal (Home Jurnal), halaman, nama penulis, email penulis, dan lain sebagainya.

Tentukan Tujuan, Subjek dan Objek Penelitian

Cara review jurnal selanjutnya, adalah dengan mengetahui tujuan, subjek dan objek penelitian yang ada dalam naskah Jurnal.

Umumnya, jurnal itu merupakan hasil dari sebuah penelitian. Meski demikian, tidak jarang artikel Jurnal dengan topik naskah ilmiah.

Ketahui Metode Yang Digunakan

Jika dalam jurnal yang sedang Anda review, merupakan jurnal hasil penelitian, maka Metode penelitian adalah bagian yang tidak sulit untuk ditemukan karena mereka biasanya ditempatkan pada sub-bagian yang khusus.

Lihatlah tangkapan layar ini, untuk membantu:

metodologi-penelitian-dalam-jurnal
Metodologi Penelitian dalam Jurnal

Yang perlu dilakukan pada tahapan ini, hanyalah mendeskripsikan tentang metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam naskahnya. Meski demikian, hindari untuk menyalin teks dari jurnal tersebut, dan lebih baik mendeskripsikannya sendiri.



Kelebihan dan kelamahan


Proses review, tentunya tidak terlepas dari apa yang dikatakan sebagai kelebihan dan kelamahan. Hal ini tentunya menjadi kesimpulan bahwa reviewer sudah melihat lebih jauh (analisis) tentang jurnal yang ada.


Tidak ada masalah dengan sebuah kelebihan jurnal. Pada kelemahan, tentunya ini bukan semata-mata mencakup unsur menjatuhkan, memburukkan, atau apapun yang bernilai buruk. Melainkan, hal ini dimaksudkan untuk memperjelas tentang bagian-bagian yang membutuhkan pembaruan, yang pada dasarnya akan berguna bagi siapa saja yang ingin menerbitkan naskah jurnal dengan memperhatikan kualitas dan pembaruan.



Kesimpulan Review


Cara review jurnal selanjutnya adalah menentukan kesimpulan. Kesimpulam merupakan deskripsi yang diletakkan di akhir, sebagai penutup dari analisis atau review jurnal. Dengan kesimpulan, pembaca akan jauh lebih mudah untuk mengambil makna dari review yang telah dilakukan.






Komentar