Microsoft Word for Edu

Pelajari panduan Microsoft Word untuk Akademisi

Kegiatan

Semua kegiatan yang dilewati

Pengertian Variabel Penelitian

Jika Anda sering mendengar istilah Variabel, maka disini akan menjelaskan tentang Pengertian Variabel Penelitian. Variabel adalah istilah yang sering muncul untuk jenis penelitian, yang digunakan dalam jenis penelitian kuantitatif.

Pengertian Variabel Penelitian Secara Umum

Dalam praktik, istilah variable dipakai sebagai sinonim untuk suatu konsep atau hal yang sedang diriset. Dalam konteks penjelasan ini, variable yang dimaksud adalah suatu symbol yang akan diberi angaka atau nilai. Secara teroritis, variable dapat didefenisikan sebagai atribut seseorang atau objek yang mempunyai variasi antara satu dengan yang lainnya. Variabel disebut juga sebagai atribut dari bidang keilmuwan tertentu.

pengertian-variabel-penelitian

Dengan demikian, berdasarkan penjelasan beberapa pendapat bisa dipahami bahwa variabel merupakan objek penelitian, ataupun apa yang menjadi titik tekan di dalam suatu penelitian yang memberikan pengaruh nilai, baik konkret maupun abstrak Inilah yang mengakibatkan variabel yang bisa berubah-ubah atau dapat diukur, dan tidak tetap, serta dapat menentukan hasil penelitian.

Variabel yang dilibatkan dalam penelitian harus diseleksi berdasarkan penalaran deduktif dan penalaran induktif. Dengan kata lain, hubungan yang akan diselediki harus didukung oleh teori atau diturunkan oleh pengalaman.

Pengertian Variabel Penelitian Menurut Para Ahli

Ada banyak sekali penjelasan mengenai variabel penelitian ini. Meski demikian, ada beberapa ahli yang familiar dengan penelitian kuantitatif, khususnya persoalan mengenai variabel penelitian.

Arikunto (1998: 99) misalnya, mengungkapkan bahwa variabel penelitian merupakan objek penelitian ataupun apa yang menjadi fokus perhatian suatu penelitian.

Serupa dengan itu, Sugiyono (2015: 38) berpendapat bahwa variabel merupakan setiap sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditentukan oleh peneliti guna dipelajeri sehingga didepatkan informasi mengenai hal tersebut.

Komentar