Ruang Lingkup Pendidikan Islam

Reza Noprial Lubis

Memahami tentang Pendidikan Islam, tentu saja didasari dengan pemahaman untuk Ruang Lingkup Pendidikan Islam itu sendiri. Hal ini menjadi dasar sebab dengannyalah pembelajaran itu dapat terarah. Segala hal yang bersifat teknis akan muncul dan terurai, dari susunan ruang lingkup itu sendiri. Ini menjadi penting, sebagai permulaan dalam kajian pendidikan Islam.

Makna Ruang Lingkup Pendidikan Islam

Sebagai permulaan, makna atas sebuah kata kunci adalah hal yang paling penting untuk diketahui. Hal ini untuk memandu dalam langkah lebih jauh tentang topik tertentu, yang dalam hal ini berbicara tentang ruang lingkup pendidikan Islam.

Melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring), istilah ruang lingkup dimaknai sebagai cakupan atau luasnya subjek tertentu. Ruang lingkup akan memberikan batasan-batasan yang lebih terarah, dengan maksud dan tujuan agar pembahasan tidak meluar/ melebar.

Dalam kasus ini, istilah Pendidikan Islam adalah istilah yang memiliki cakupan yang bahkan sangat luas. Berkenaan dengan itu, ada sisi kekhawatiran tersendiri seeperti corak-corak radikal, berpikir bebas tanpa batas dan etika, atau hal lainnya, bilamana pembahasan yang sangat luas dibiarkan begitu saja, tanpa adanya patokan atau batasan tertentu.

Yang dimaksud sebagai ruang lingkup itu bukankah mengenai sesuatu yang bersifat teknis dalam operasional pendidikan, melainkan menyangkut segala hal yang menjadi dasar serta yang mewarnai corak sistem dalam pendidikan tersebut.

Macam Ruang Lingkup Pendidikan Islam

Mengutip dari Ahmadi dan Uhbiyati (1997: 16) mengungkapkan bahwa, setidaknya terdapat 9 jenis ruang lingkup dalam pendidikan Islam. Yaitu:

  1. Mendidik meliputi perbuatan mendidik;
  2. Anak Didik;
  3. Dasar Pendidikan Islam dan Tujuan Pendidikan Islam;
  4. Pendidik;
  5. Materi Pendidikan;
  6. Metode Pendidikan;
  7. Alat Pendidikan;
  8. Evaluasi Pendidikan; dan
  9. Lingkungan Pendidikan.

Jika diperhatikan, beberapa bagian yang dijelaskan di atas termasuk pada komponen pendidikan secara umum. Meski tidak keseluruhannya termasuk, lingkup pendidikan Islam itu adalah segala hal yang mempengaruhi proses belajar mengajar tentang Pendidikan Islam.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Comments