Review Buku Reliabilitas dan Validitas

Salah satu topik kajian dalam penelitian kuantitatif adalah reliabilitas dan validitas. Hal ini tentunya menjadi bagian yang penting untuk dikaji, karena merupakan langkah pokok dalam metodologi penelitian kuantitatif.

Untuk mengetahui tentang bagaimana indikator review yang Saya lakukan disini, lihat tentang Cara Saya melakukan review buku, untuk penjelasan lebih jauh.

Identitas Buku

Judul Buku Reliabilitas dan Validitas
Penulis Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA
ISBN 978-602-7985-03-2
Edisi IV
Thn Terbit 2016
Penerbit Pustaka Pelajar
Halaman 186 Halaman
Kategori
  1. Buku Referensi
  2. Buku Monograf
Preview
Reliabilitas-dan-validitas

Kelengkapan Unsur Buku Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah

Buku ini dilengkapi dengan beragam unsur yang umumnya ditemukan dalam sebuah buku. Beberapa unsur tersebut seperti: (1) cover, (2) Pengantar; (3) Daftar isi; (4) Isi buku; (5) Daftar bacaan/ referensi; (6) Tentang penulis.

Ruang Lingkup Pembahasan

Pembahasan dalam buku ini, mengarah pada penjelasan tentang reliabilitas dan validitas. Hal ini merupakan sub-bagian dari materi penelitian kuantitatif. Buku yang dihadirkan dengan mengulas satu pembahasan atau topik yang lebih spesifik, tentunya memberikan informasi yang lebih dalam.

Kecukupan Ilustrasi dan Kemutakhiran Data

Buku ini terdapat pada sampul buku. Ini mengundang pembaca dikarenakan banyak hal. Diantaranya adalah warnanya yang khas cukup mengundang perhatian pembaca.

Begitu juga di sisi isiannya, terdapat pertanyaan yang dimuat dalam sub materi. Ini cukup membantu pembaca dalam menjawab pertanyaan yang sering muncul dibenak pembaca. Walau tidak seluruhnya, namun kehadiran sub materi tanya jawab seperti ini, memberikan warna baru sekaligus menjadi ke-khasan dalam buku ini.

Kemutakhiran isi buku ini dapat dilihat dari tahunn terbitnya, yakni tahun 2016. Ini berarti bahwa permasalahan yang dibahas di dalamnya tidak jauh dari problematika yang terjadi pada saat sekarang ini. Namun, ini belum diperkuat dengan buku-buku referensi atau rujukan yang terbaru, maksudnya tahun buku rujukan tidak berbeda jauh dengan tahun buku ini diterbitkan. Terdapat buku-buku rujukan atau referensi disekitar tahun 2007 dan selanjutnya. Dengan kata lain, suasana dalam buku ini belum menghadirkan suasana baru.

Kelebihan dan Kelemahan

Berdasarkan analisa terhadap buku ini, penulis mengumpulkan beberapa hal yang termasuk dalam kelebihan dan kelemahan buku antara lain sebagai berikut:

  1. Kelebihan
    • Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA. dikira cukup handal dalam bahasa penulisan. Ini terlihat dari hadirnya kata-kata yang intelektual. Selanjutnya, penggunaan bahasa/kalimat yang digunakan juga ringan, sehingga mempermudah pemahaman bagi pembaca
    • Setiap halaman buku begitu tertata rapi mulai dari halaman judul, hak cipta, kata pengantar, daftar isi, pembahasan, hingga daftar pustaka
    • Pembahasan pada buku tersebut sangat terstruktur, sehingga pola piker pembaca menjadi terarah dan mudah untuk mengikuti langkah-langkah yang disampaikan
  2. Kelemahan
    • Terdapat sub-materi yang tidak berkategori, misalnya a, b, c, atau dengan bentuk lain seperti 1, 2, 3, dst. Dengan hal ini, tentu pembaca merasa sedikit sulit untuk mencari jawaban atau referensi dari buku ini
    • DinilaiTerdapat beberapa bentuk table yang kurang sempurna, yakni tabel yang tidak dilengkapi dengan garis lengkap dan penulisannya yang terlalu kecil. Kemudian terdapat tulisan rumus yang kurang terfokus
    • Terdapat warna biru pada 1 halaman penuh dan isinya adalah lanjutan dari halaman sebelumnya. Pembaca kurang memahami apa tujuannya
    • Kulit buku menggunakan warna gelap, ini mempengaruhi ketertarikan pembaca dari segi kulit buku

Rekomendasi

  1. Dari segi isi, masih terdapat sub-materi yang tidka berkategori. Oleh sebab itu, direkomendasikan untuk menggunakan kategori atau poin-poin pada sub-materi yang disajikan, seperti a, b, c, atau 1, 2, 3, atau a), b), c), dst.
  2. Kamudian selanjutnya, buku ini terlihat cukup modern dengan hadirnya sub-materi berupa tanya jawab, walau hanya satu bagian saja. Oleh sebab itu, direkomendasikan untuk menggunakan sub-materi Tanya jawab. Ini menjadi ke-khasan dalam buku ini. Dengan demikian, diharapkan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dan terbaru.
  3. Terdapat penulisan rumus yang terlihat baik, namun kurang terfokus. Oleh sebab itu, direkomendasikan dalam penulisan rumus, menggunakan tabel dan member warna pada tabel tersebut. Dengan ini, diharapkan pembaca mampu terfokus pada rumus yang disajikan mengingat bahwa rumus merupakan unsur terpenting dalam perhitungan angka.
Komentar