Cara Mengirim Jurnal Online

Bila Anda berencana untuk menerbitkan Jurnal secara Online, maka halaman ini akan memandu Anda tentang cara mengirim Jurnal online.


Anda dapat memilih beragam tingkatan jurnal di Indonesia yang diinginkan. Apakah itu untuk diterbitkan di Jurnal Sinta, Scopus, atau mungkin mengirimkannya ke halaman jurnal tidak terakreditasi. Mari kita mulai.





Tentang Jurnal Online



Penerbitan Jurnal terbagi menjadi dua, yaitu Paper dan Online. Keduanya juga memiliki penomoran ISSN yang berbeda. Fokus bahasan dalam halaman ini adalah Jurnal Online.


Anda dapat mengakses berbagai halaman Jurnal online, kapanpun Anda mau. Itu karena, mereka dapat terlihat di internet secara bebas, hanya membutuhkan koneksi internet untuk terhubung.


Penerbitan melalui Jurnal Online, menghasilkan dokumen dalam bentuk PDF. Itu artinya, artikel yang terbit pada Jurnal online, akan menghasilkan file PDF untuk dikonsumsi pengguna umum.


Menariknya, semua pekerjaan dilangsungkan secara online, dengan sistem yang diatur sedemikian rupa, agar segala proses penerbitan Jurnal seperti Submit Naskah » Proses Review » Revisi » Penerbitan, dapat dilaksanakan.


Pengguna dapat bekerja darimanapun, dengan koneksi internet. Semua tahapan dapat terlaksana dengan baik, dengan menggunakan media yang mengatur sistem kerja yang ditentukan.


Berkenaan dengan bagaimana mengirim Jurnal secara online, akan dibahas pada bagian berikutnya.





Cara Mengirim Jurnal Online



Sekarang, kita berada pada bagian yang penting. Ini akan memandu Anda, untuk dapat mengirimkan naskah di Jurnal Online.


Untuk mengirimkan naskah Anda, pastikan file naskah telah disiapkan dalam bentuk file .doc. Mari kita pelajari.



  1. Masuk ke halaman Jurnal Online
    Silahkan kunjungi alamat url website Jurnal Online, tempat dimana Anda ingin menerbitkan tulisan. Masuk disana, dan lakukan pendaftaran.

  2. Membuat Akun
    Temukan menu Daftar dan lakukan pendaftaran disana. Biasanya, ia berada pada bagian Menu Header (bagian atas halaman).


    Menu Daftar di Jurnal Online
    Menu Pendaftaran di Jurnal Online



    Selanjutnya, Anda perlu mengisi biodata yang dibutuhkan saat mendaftar.


    Menu Daftar di Jurnal Online
    Isi data pendaftaran dengan benar



    Perlu diketahui, pastikan Anda mengingat email dan password. Ini akan dibutuhkan untuk masuk ke Jurnal Online.
    Bila Anda telah memiliki akun disana, maka Anda dapat langsung Login.


  3. Mengunggah Naskah Anda (Upload)
    Ketika akun Anda telah berada di Dashboard, temukan menu Naskah Baru. Lihat tangkapan layar ini:


    Menu Naskah Baru untuk mengirim Jurnal Online
    Menu Naskah Baru



    Anda akan diminta untuk mengisi beberapa hal, seperti menyetujui persyaratan, mengupload naskah, mengisi metadata, dan sebagainya. Lihat tabel ini untuk memandu:
















    Persyaratan Mengirim Naskah Anda akan diminta untuk menyetujui beberapa persyaratan yang diberlakukan disana. Setujui itu, untuk dapat mengakses bagian berikutnya.
    Mengunggah Naskah Anda harus mengunggah naskah Anda, di halaman yang disediakan. Beri juga penanda, bahwa naskah Anda dijadikan sebagai file utama.
    Metadata Metadata dibutuhkan sebagai informasi detail tentang naskah Anda. Ini menyangkut seperti Judul, Abstrak, Daftar Pustaka, dan lain sebagainya.




  4. Setujui Persyaratan Terbitan
    Persoalan terbitan, tentu saja berisi hal-hal yang penting, dan Anda sebagai penulis, harus mengetahui dan menyetujui aturan yang diberlakukan disana. Beberapa laman jurnal online yang ditemui, meminta penulis untuk menyetujui persyaratan tertentu, ketika hendak mengirim jurnal online.


    Persyaratan pengiriman naskah Jurnal Online
    Persetujuan Persyaratan Pengiriman Naskah



    Tidak terpaku pada apa yang ditampilkan pada gambar, masing-masing pengelola Jurnal memiliki persyaratan mereka sendiri. Oleh karenanya, baca dengan detail setiap poin persyaratan mereka.

  5. Mengisi Metadata Artikel
    Metadata dibutuhkan untuk memberikan informasi lebih detail terhadap naskah yang akan diterbitkan. Ini informasi berupa judul, abstrak, kata kunci, hingga daftar pustaka yang digunakan.


    Metadata Jurnal Online



  6. Kirim Naskah
    Setelah semua terisi dengan benar, ikuti langkah akhir yang tersedia. Naskah Anda akan masuk dalam antrian, untuk melewati tahapan selanjutnya.





Alur Mengirim Jurnal Online



Setelah melewati semua langkah, dan naskah Anda telah terkirim, maka Anda dapat melihat status naskah itu kapanpun Anda mau.


Pastikan Anda tidak melupakan Email dan Password yang digunakan saat mendaftar. Anda harus login saat-saat tertentu, untuk melihat status naskah Anda.


Perjalanan naskah jurnal Anda secara umum akan melewati tahapan seperti:



  • Dikirim ke Reviewer

  • Revisi

  • Penerbitan


Tidak jarang ditemukan layanan jurnal yang menggunakan email sebagai notifikasi dari perjalanan naskah dari pengirim. Seperti Jurnal Tarbiyah yang Saya kelola ini:



Email OJS Artikel Diterima

Ikuti semua alur proses yang ada. Jangan lupa untuk Login kembali di halaman Jurnal tempat dimana naskah Anda berada.





Kesimpulan



Mengirim Jurnal Online dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Itu karena berbagai layanan jurnal online, telah dibekali dengan sistem yang tertata dengan baik. Bahkan, pengguna umum sekalipun dinilai dapat mengerti ketika menggunakan Platform jurnal online yang ada.


Jika Anda baru beradaptasi dengan Jurnal Online, jangan sungkan untuk mananyakan sesuatu di kolom komentar, sekarang.

Komentar