Kunci Jawaban di Google Form

Jika Anda menggunakan Google Form untuk ujian online, maka membuat kunci jawaban di Google Form menjadi pilihan yang baik untuk Anda. Ini akan bekerja secara langsung untuk menilai isian dari user/ pengguna ujian online Anda. Mari kita pelajari.

Fitur Kunci Jawaban di Google Form

Google Form dibekali dengan fitur kunci jawaban, dimana ini berguna untuk menetapkan jawaban yang benar dari setiap soal yang diinginkan.

Fitur ini bukanlah fitur default yang secara langsung digunakan ketika Anda membuat soal. Melainkan, ini adalah fungsi manual yang digunakan bila dibutuhkan oleh pengguna.

Ketika Anda bekerja dengan Google Form untuk menjalankan ujian online, maka tentunya fitur ini dapat digunakan untuk memberikan nilai secara langsung terhadap isian pengguna.

Berkenaan tentang bagaimana membuat kunci jawaban di Google Form, itulah yang akan dibahas selanjutnya.

Cara Membuat Kunci Jawaban di Google Form

Sekarang, kita akan memulai membuat kunci jawaban pada soal yang telah Anda buat di Google Form.

Persyaratan:
Anda harus mengubah soal Anda menjadi kuis, dengan cara: Setelan » Jadikan Kuis. Lihat Gambar.

Setelah fitur KUIS diaktifkan, maka pada setiap soal yang Anda buat, akan tersedia fitur untuk menentukan kunci jawaban. Mari kita lakukan.

  1. Pilih Soal
    Silahkan aktifkan soal yang ingin Anda masukkan kunci jawabannya. Untuk melihat soal yang aktif, ditandai dengan warna tabel bagian kiri berwarna biru.
  2. Klik Menu Kunci Jawaban
    Klik menu Kunci jawaban yang tersedia pada bagian sudut kiri bawah.
    Menu Kunci Jawaban di Google Form
    Sekarang, kotak dialog baru akan muncul, yang meminta Anda untuk memilih salah satu dari semua pilihan jawaban, untuk dijadikan kunci jawaban.
    Anda juga dapat menambahkan poin (nilai) pada soal yang ada. Ini menjadi dasar perhitungan bagi Google Form dalam menentukan nilai akhir nantinya.
  3. Tentukan jawaban yang benar.
    Disinilah Anda dapat menentukan kunci jawaban di Google Form. Tentukan itu sesuai dengan yang dikehendaki. Setelah Anda memilih salah satu darinya, pilih Selesai untuk menyelesaikan proses ini.
    Untuk melihat, apakah pilihan Anda sudah direkam dengan baik pada Google Form, Anda dapat melihat ikon Check pada jawaban yang Anda pilih.
    Kunci Jawaban di Google Form Sudah Berhasil
    Kunci Jawaban di Google Form Sudah Berhasil | Sumber: Doc. Pribadi
    Sampai pada tahapan ini, semua proses pembuatan kunci jawaban di Google Form telah selesai dilaksanakan. Kunci jawaban tidak bisa ditentukan secara massal. Itu artinya, Anda dapat mengulangi langkah ini, untuk soal-soal berikutnya.

Kesimpulan

Membuat Kunci jawaban di Google Form, membantu Anda dalam memberikan jawaban pasti. Dengan sendirinya, Google Form akan mengambil nilai yang ditentukan dari tiap-tiap jawaban, dan akan menghitungnya dengan sistem di akhir sesi.

Menu Kunci Jawaban tidak akan muncul serta merta. Itu hanya ada pada jenis soal KUIS. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur Google Form Anda untuk menjadikannya kuis.

Komentar