Soal Matematika di Google Form

Apakah Anda ingin membuat soal matematika di Google Form yang berisi rumus-rumus dalam soal dan jawabannya? Halaman ini akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana menghasilkan Soal Matematika di Google Form.




Untuk memahami istilah yang disampaikan pada halaman ini, pastikan anda sudah membaca: Google Form Untuk Guru.






Tentang Soal Matematika di Google Form




Berbicara tentang Soal Matematika, tentu saja membutuhkan rumus-rumus tertentu, seperti ƒ ∑ ∛ dan lain sebagainya. Google Form sejauh ini belum mendukung secara langsung untuk itu. Hal yang dapat dilakukan adalah, membuat gambar untuk ditampilkan dalam soal di Google Form.








Alat Yang Dibutuhkan




Untuk mendukung pekerjaan Anda, dibutuhkan alat yang dapat menciptakan rumus-rumus matematika, dengan pengeditan secara bebas yang Anda butuhkan.


















Jenis Chrome ExtentionAdd-on
Sumber Equatio - Math made digital
Dukungan Cara Instal Extension Google Chrome







Cara Membuat Soal Matematika di Google Form




  1. Instal Chrome Extension untuk Equatio - Math made digital

    Equatio - Math made digital berfungsi sebagai Ekstensi Google Chrome. Ini bukan alat yang dijalankan di dalam Google Form itu secara langsung. Ia akan muncul pada bagian Top Bar dari Browser Anda. Lihat tangkapan layar ini sebagai panduan:



    Google Chrome Extention
    Gambar 1



    Ia akan menghasilkan berbagai fungsi yang bekerja dengan baik untuk Google Chrome. Oleh sebab itu, ini akan dapat digunakan dengan Google Form.

  2. Jalankan Ekstensi di Google Form
    Sekarang, buka Soal Matematika di Google Form Anda. Kemudian, aktifkan Ekstensi ini, dengan menekan simbol pada bagian Top Bar Browser Anda (klik icon yang diberi kotak merah pada Gambar 1). Itu akan menghasilkan seperti tangkapan layar ini:


    menu-editor-soal-matematika-di-google-form
    Gambar 2




    Bila halaman Chrome Anda menampilkan menu editor dari ekstensi Equatio - Math made digital, maka Anda sudah berhasil sampai langkah ini. Selanjutnya tinggal bekerja dengannya. Itulah yang akan muncul di bagian berikutnya.


  3. Pilih Soal Matematika
    Tentukan soal bagian mana, yang ingin ditambahkan rumus matematika. Sekarang kita akan bekerja dengan ekstensi ini.
    Anda dapat melihat pada tiap-tiap bagian soal dan jawaban, yang berisikan logo seperti ini:



    simbol-edit-soal-matematika-di-google-form
    Gambar 3




    Anda dapat menekan ikon itu, untuk memunculkan Editor (seperti Gambar 2). Pilih editor yang Anda inginkan.



    Soal Matematika di Google Form
    Video 1




  4. Mulai Mengedit Rumus Matematika
    Sekarang, Anda dapat menambahkan rumus matematika di Google Form sebanyak apapun. Itu bisa dilakukan pada tiap-tiap bagian isian seperti soal dan jawaban.



    editor-rumus-matematika-di-google-form-terbaru
    Gambar 4






Alat ini akan bekerja dengan sendirinya. Ia akan mengubah teks yang Anda edit menjadi sebuah gambar, untuk dapat ditampilkan di Google Form. Anda hanya perlu menekan tombol Insert, untuk memasukkan gambar yang diinginkan, dan mereka akan mengerjakan tugas dengan sendirinya.

Komentar