Cara Mengirim Artikel ke Jurnal Online

ilustrasi-cara-mengirim-jurnal-online

Permulaan yang harus diketahui saat ingin menerbitkan Jurnal Ilmiah adalah persoalan cara mengirim artikel ke Jurnal online. Halaman ini, akan memandu Anda step-by-step. Mari kita mulai.

Tentang Jurnal Online

Belakangan ini, istilah Jurnal online benar-benar menjadi sesuatu yang ramai dibicarakan di kalangan akademis. Pasalnya, tidak hanya dosen yang membutuhkan publikasi, melainkan juga mahasiswa dinilai pantas untuk melakukannya. Terlebih lagi, salah satu sifat akademis yaitu publikasi.

Sependapat bahwa karya ilmiah itu akan menjadi sesuatu yang tidak berguna bila itu tidak disampaikan kepada orang banyak. Publikasi, adalah salah satu langkah yang dapat diambil untuk itu.

Jurnal adalah penerbitan yang dilakukan secara berkala dalam penerbitan akademis sebagai bentuk dari laporan hasil penelitian atau pemikiran. Terbitan yang konon berlaku dengan bentuk fisik, kini telah berubah fungsi menjadi online yang nyata-nyata meringankan pekerjaan penerbitan.

Terlebih lagi, Jurnal online tidak lagi membutuhkan biaya penerbitan cetak (meski beberapa penyedia menawarkan cetakan fisik), karena fungsi PDF bekerja dengan baik disana. Jurnal online, akan meminta penulis untuk mengirimkan artikel mereka melalui laman jurnal secara online, dan melewati seluruh proses interaksi artikel seperti revisi, pengiriman ulang, atau bahkan penolakan. Semua bekerja dalam sebuah sistem manajemen yang mudah digunakan.

Cara Mengirim Artikel ke Jurnal Online

Sekarang, bagian ini akan memperjelas kepada Anda, tentang bagaimana cara mengirim artikel ke Jurnal Online. Mari ikuti panduan berikut ini:

  1. Tentukan Jurnal Yang Diinginkan
    Sebagai langkah awal, semestinya Anda mengetahui tempat dimana naskah Anda akan diterbitkan. Kunjungi situs resmi penyedia Jurnal yang diinginkan untuk mengikuti tahap selanjutnya. Bila Anda ingin menerbitkan jurnal SINTA, baca panduan tentang menerbitkan Jurnal di SINTA.
  2. Registrasi di Laman Jurnal
    Setelah Anda menemukan laman Jurnal yang diinginkan, Anda harus memiliki sebuah akun untuk dapat mengakses lebih jauh disana. Buatlah sebuah akun, dengan mengikuti panduan registrasi disana. Ada banyak jenis tampilan situs website Jurnal. Namun, biasanya fitur registrasi ditemukan disana.
    Pastikan Anda mengingat identitas penting seperti Email dan Password. Hal ini diperlukan untuk Login di Jurnal Online.
  3. Mulai Mengirimkan Naskah
    Setelah Anda memiliki sebuah akun dan Login disana, maka Anda dapat mengirimkan naskah. Aktivitas ini bukanlah sesuatu yang sulit. Anda dapat dengan mudah mengikutinya dengan tampilan Jurnal yang sederhana. Biasanya, bila mereka menggunakan situs Open Journals System, halaman pengiriman naskah akan terlihat seperti ini:
    Silahkan Upload naskah Anda pada formulir yang disediakan, dan ikuti seluruh tahapannya. Anda juga akan dimintai keterangan tentang Naskah yang dikirimkan, seperti Judul, kata kunci, hingga daftar pustaka. Bila semua proses telah diselesaikan, maka selanjutnya Anda akan menunggu proses kelanjutan naskah, apakah diterima atau dikembalikan untuk revisi. Pengelola Jurnal juga berhak untuk mengembalikan naskah Anda bila dinilai tidak sesuai dengan kriteria mereka.

Penjelasan di atas, merupakan langkah umum dalam tahapan pengiriman Jurnal. Ini dijelaskan pada penggunaan platform Open Journals System (OJS), yang digunakan oleh akademik dalam pengelolaan Jurnal.

PENTING!


Jika Anda melihat tampilan yang tidak sesuai dengan apa yang dicontohkan, sebaiknya perhatikan lebih teliti kembali. Pasalnya, Jurnal yang dibangun dengan tidak menggunakan Open Journal System (OJS), konten OAI akan sulit dilakukan (terkecuali memang ahli). Akibatnya, naskah Anda mungkin akan kesulitan dalam hal pengindexan yang membutuhkan meta OAI seperti Google Scholar, OneSearch, dan lain sebagainya.

Komentar