Memilih Masalah Penelitian

Memilih masalah penelitian merupakan langkah awal yang penting dalam melakukan penelitian, baik itu masalah dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif, atau macam-macam penelitian lainnya. Pemilihan masalah penelitian yang tepat akan menentukan keberhasilan penelitian tersebut. Oleh karena itu, dalam memilih masalah penelitian, perlu dilakukan dengan hati-hati dan cermat.

Langkah Memilih Masalah Penelitian

Berikut adalah beberapa langkah dalam memilih masalah penelitian:

  1. Tentukan Bidang atau Disiplin Ilmu
    Langkah pertama dalam memilih masalah penelitian adalah menentukan bidang atau disiplin ilmu yang akan diteliti. Pilihlah bidang atau disiplin ilmu yang sesuai dengan minat, pengetahuan, dan pengalaman peneliti.
  2. Identifikasi Masalah atau Gap dalam Pengetahuan
    Setelah menentukan bidang atau disiplin ilmu, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi masalah atau gap dalam pengetahuan yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan membaca jurnal ilmiah, artikel, buku, atau sumber-sumber lainnya yang terkait dengan bidang atau disiplin ilmu yang akan diteliti.
  3. Tentukan Tujuan Penelitian
    Setelah mengidentifikasi masalah atau gap dalam pengetahuan, tentukan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Tujuan penelitian dapat berupa menjawab pertanyaan penelitian, menguji hipotesis, atau mengeksplorasi suatu fenomena.
  4. Buat Rancangan Penelitian
    Setelah menentukan tujuan penelitian, buatlah rancangan penelitian yang akan digunakan. Rancangan penelitian harus sesuai dengan tujuan penelitian dan metode yang akan digunakan. Rancangan penelitian yang baik akan memudahkan peneliti dalam mengumpulkan data dan menganalisis hasil penelitian.
  5. Pertimbangkan Faktor-Faktor Lainnya
    Dalam memilih masalah penelitian, peneliti juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor lainnya seperti waktu, biaya, dan aksesibilitas. Peneliti perlu memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penelitian, biaya yang diperlukan, dan kemudahan dalam mengakses sumber data dan informasi.

Selain itu, dalam memilih masalah penelitian, peneliti juga perlu mempertimbangkan dampak penelitian tersebut terhadap masyarakat atau lingkungan sekitar. Peneliti perlu memastikan bahwa penelitian yang dilakukan tidak merugikan masyarakat atau lingkungan sekitar.

Dalam kesimpulannya, memilih masalah penelitian merupakan langkah awal yang penting dalam melakukan penelitian. Pemilihan masalah penelitian yang tepat akan menentukan keberhasilan penelitian tersebut. Untuk memilih masalah penelitian yang tepat, peneliti perlu menentukan bidang atau disiplin ilmu yang akan diteliti, mengidentifikasi masalah atau gap dalam pengetahuan, menentukan tujuan penelitian, membuat rancangan penelitian yang sesuai, dan mempertimbangkan faktor-faktor lainnya.

Komentar