Merumuskan Masalah Penelitian

Merumuskan masalah penelitian pendidikan adalah langkah awal yang penting dalam melakukan penelitian di bidang pendidikan. Masalah penelitian merupakan pertanyaan atau pernyataan yang ingin dicari jawabannya melalui penelitian. Proses merumuskan masalah penelitian pendidikan perlu dilakukan secara cermat dan sistematis agar hasil penelitian yang diperoleh dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam merumuskan masalah penelitian pendidikan:





1. Identifikasi Tema Penelitian



Tema penelitian adalah area atau topik yang ingin diteliti dalam bidang pendidikan. Peneliti perlu memilih tema yang relevan dan signifikan terhadap pendidikan dan mempertimbangkan gap dalam pengetahuan yang ada.





2. Identifikasi Masalah yang Ditemukan



Setelah menentukan tema penelitian, peneliti perlu mengidentifikasi masalah yang ingin diteliti. Masalah dapat ditemukan melalui pengamatan lapangan, studi literatur, atau melalui pengalaman praktik.





3. Pilih Masalah yang Spesifik dan Terfokus



Dalam memilih masalah penelitian, peneliti perlu memilih masalah yang spesifik dan terfokus pada aspek atau variabel tertentu. Dengan begitu, peneliti dapat menentukan tujuan penelitian dan merancang metode penelitian yang tepat.





4. Rumuskan Pertanyaan Penelitian



Setelah memilih masalah yang spesifik, peneliti perlu merumuskan pertanyaan penelitian yang jelas dan terdefinisi dengan baik. Pertanyaan penelitian perlu disesuaikan dengan tujuan penelitian dan metode penelitian yang digunakan.





5. Identifikasi Hipotesis atau Asumsi



Setelah merumuskan pertanyaan penelitian, peneliti perlu mengidentifikasi hipotesis atau asumsi yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hipotesis atau asumsi dapat membantu peneliti dalam merancang metode penelitian dan menginterpretasikan hasil penelitian.





6. Review dan Evaluasi Masalah Penelitian



Setelah merumuskan masalah penelitian, peneliti perlu melakukan review dan evaluasi terhadap masalah penelitian yang telah dirumuskan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa masalah penelitian relevan, signifikan, dan memiliki potensi untuk diselesaikan.



Merumuskan masalah penelitian pendidikan memerlukan kemampuan dalam mengidentifikasi masalah yang relevan dan signifikan serta merumuskan pertanyaan penelitian yang jelas dan terdefinisi dengan baik. Langkah-langkah tersebut perlu dilakukan dengan cermat dan sistematis agar hasil penelitian yang diperoleh dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan.

Komentar