Taraf Signifikansi

Penelitian kuantitatif membutuhkan pemahaman tentang Taraf Signifikansi. Namun demikian, itu bergantung pada jenis penelitian kuantitatif itu sendiri.
Reza Noprial Lubis

Penelitian kuantitatif membutuhkan pemahaman tentang Taraf Signifikansi. Oleh sebab itu, halaman ini akan menjelaskan lebih jauh tentangnya. Mari kita teruskan.

Pengertian Taraf Signifikansi

Taraf Signifikansi sering juga disebut sebagai Tingkat Kesalahan, yang pada akhirnya ini erat dikaitkan dengan pengambilan keputusan semasa pengujian hipotesis. Baik saat pengujian hipotesis satu arah, atau pengujian hipotesis dua arah.

Meski taraf signifikansi ini ditemui dalam penelitian kuantitatif, namun tidak menutup kemungkinan ia akan diabaikan dalam penelitian kuantitatif. Artinya, bukan berarti selama penelitian itu berbentuk kuantitatif, lantas diwajibkan atasnya untuk menggunakan Taraf Signifikansi. Hal ini bergantung pada jenis penelitiannya.

Taraf Signifikansi dilambangkan dengan simbol Aplha (α) yang menunjukkan suatu probabilitas atau tingkat kesalahan untuk menolak atau mendukung hipotesis nol (Ho).

Selain itu, taraf signifikansi ini juga digunakan sebagai alat mentolerir/ memberikan toleransi atas tingkat kesalahan dalam penelitian yang dilakukan peneliti, yang disebabkan berbagai hal seperti Sampel Eror (Sampling Eror).

Penggunaan Taraf Signifikansi

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar