Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan pendidikan nasional adalah tujuan yang ditetapkan oleh suatu negara untuk sistem pendidikan nasionalnya. Ketahui lebih dalam disini.
Reza Noprial Lubis
tujuan pendidikan

Tujuan pendidikan nasional merupakan hal yang wajib untuk diketahui setiap pelaku pendidikan, baik Guru, kepala sekolah, Dosen, bahkan perguruan tinggi juga harus mengetahuinya. Halaman ini akan menjelaskan kepada Anda, tentang tujuan pendidikan dalam skala nasional.

Makna Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan pendidikan nasional adalah tujuan yang ditetapkan oleh suatu negara untuk sistem pendidikan nasionalnya. Tujuan ini berfungsi sebagai panduan bagi pengembangan kurikulum, kebijakan pendidikan, dan praktik pendidikan secara keseluruhan dalam suatu negara.

Tujuan pendidikan nasional dapat bervariasi antara negara-negara berbeda, tergantung pada nilai-nilai, kebutuhan, dan aspirasi masyarakat setempat. Tujuan Pendidikan nasional itu sendiri, tentunya dibangun dengan memperhatikan landasan pendidikan yang berlaku.


Undang-Undang Tujuan Pendidikan Nasional

Berkenaan dengan tujuan pendidikan Nasional, juga diatur dalam perundang-undangan. Ia termasuk dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 3 menjelaskan tentang fungsi pendidikan nasional, yang berbunyi:

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. UUD No 20 Thn 2003 Tentang SISDIKNAS
Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar