Pengumpulan Data Kuantitatif

Pengumpulan data kuantitatif merupakan bagian yang vital dalam proses penelitian. Pelajari tentangnya lebih jauh di halaman ini.
Reza Noprial Lubis
hero-pengumpulan-data-kuantitatif

Penelitian Kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang banyak digunakan untuk mengetahui korelasi atau hubungan antara satu dengan yang liannya. Oleh karena itu, halaman ini akan menjelaskan tentang pengumpulan data kuantitatif.

Data Kuantitatif

Salah satu ciri dari penelitian kuantitatif adalah dengan variabelnya. Ia terdiri dari dua variabel atau lebih. Disamping itu, penelitian kuantitatif berupaya untuk menjelaskan tentang kaitan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Hal ini dapat dijabarkan dengan menjelaskan hubungan, atau yang lainnya.

Kuantitatif juga bersifat statistik. Data-data yang diperoleh, juga bersifat data statistik. Oleh karenanya, pengumpulan data kuantitatif turut juga menggunakan instrumen yang valid dan mendukung pengumpulan data berupa angka-angka.

Instrumen Pengumpulan Data Kuantitatif

Dalam melangsungkan pengumpulan data kuantitatif, dapat menggunakan beberapa bentuk instrumen yang biasa disebut sebagai instrumen penelitian. Adapun masing-masing instrumen tersebut yakni:

Kuesioner

Kuesioner maksudnya pertanyaan-pertanyaan yang dibuatkan dalam upaya mendapatkan data dari responden. Kuesioner memiliki keunggulan tersendiri, karena sifatnya yang tergolong cepat dalam pengumpulan data. Sebuah instrumen kuesioner dapat mengambil banyak informasi data penelitian dalam waktu yang relatif singkat.

Berikut ini, adalah contoh bentuk Kuesioner yang digunakan dalam penelitian:

contoh-kuesioner-angket-kuantitatif
Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar