Perbedaan Jurnal dan Artikel

Halaman ini akan menjelaskan lebih dalam tentang penggunaan kedua istilah itu. Jadi, kita akan membahas perbedaan Jurnal dan Artikel.
Reza Noprial Lubis

Jurnal dan Artikel pada dasarnya dapat menjadi satu kesatuan. Namun disii lain, dalam penggunaan istilah sehari-hari, kita kerap keliru dalam pemaknaan dari kedua istilah itu. Apa itu Jurnal, dan apa itu Artikel.

Halaman ini akan menjelaskan lebih dalam tentang penggunaan kedua istilah itu. Jadi, kita akan membahas perbedaan Jurnal dan Artikel. Mari kita teruskan.

Pemaknaan Jurnal dan Artikel

Sebagai permulaan, tentunya memahami makna Jurnal dan Artikel adalah langkah yang tepat. Semestinya kita memahami terlebih dahulu tentang kedua istilah ini. Untuk mempermudah, kita membaginya menjadi dua topik bahasan, yakni Jurnal dan Artikel. Mari kita teruskan.

Apa Itu Jurnal

Dalam kaitan akademis, Jurnal termasuk pada bagian publikasi ilmiah. Umumnya, waktu publikasi beragam (bulanan, triwulan, atau tahunan). Muatan Jurnal biasanya berfokus pada disiplin ilmu tertentu. Sebagai contoh, Jurnal Pendidikan, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Jurnal Ilmu Sosial, dan lain sebagainya.

Apa Itu Artikel

Artikel adalah naskah ilmiah yang disusun dalam beberapa sub-pembahasan yang terkait sebagai pendalaman materi. Artikel dibuat berdasarkan hasil penelitian, riset, atau hal lainnya yang bersifat akademis dan disajikan dalam naskah formal.

Perbedaan Jurnal dan Artikel

Untuk mencari tahu lebih dalam tentang perbedaan keduanya, mari kita bagi pembahasan menjadi berbagai katakternya.

Perbedaan Jurnal dan Artikel Berdasarkan Isinya

Keduanya memiliki perbedaan dari sisi isinya. Meski keduanya pada akhirnya berada pada satu muara, namun pada pemaknaan yang lebih spesifik memiliki perbedaan terkait isi.

Dalam kaitan akademis, isi artikel merupakan hasil pemikiran, penelitian, atau riset yang mendalami kajian tertentu dan diulas secara lebih rinci. Artikel umumnya memiliki Abstraksi dan Bibliografi pada naskahnya. Jadi, semestinya itu memperlihatkan tentang abstrak dan daftar pustaka yang dihasilkan dari naskahnya.

Adapun terkait jumlah halaman, artikel biasanya memiliki jumlah halaman cenderung lebih sedikit, dibandingkan dengan jurnal. Itu karena artikel, dapat juga dikatakan sebagai bagian dari isi Jurnal.

Sedang Jurnal berisi artikel dalam cakupan bidang keilmuan tertentu yang diterbitkan berdasarkan volume atau edisi dan terbit secara berkala (bulanan, triwulan, semester, atau bahkan tahunan). Biasanya, Jurnal berisi halaman-halaman yang cukup panjang (bergantung pada seberapa banyak artikel yang ada dalam sebuah terbitan).

Perbedaan Jurnal dan Artikel Berdasarkan Fungsinya

Jurnal berfungsi sebagai wadah atau tempat penerbitan. Oleh karenanya, Jurnal dapat dikatakan sebagai tempat penerbitan naskah ilmiah yang disebut sebagai artikel.

Artikel berfungsi informasi. Maksudnya memberikan informasi melalui tulisan atau naskah dalam basis ilmiah yang ditujukan langsung kepada pembaca. Itu karena artikel, berisi topik pembahasan tertentu yang disajikan secara lebih mendalam baik dalam bentuk penelitian, atau pemikiran. Dalam kaitan ilmiah, artikel akan menjadi bagian inti karena membahas dan fokus terhadap bahasan tertentu.

Tabulasi Perbedaan Jurnal dan Artikel

Untuk lebih jelas dalam memahami perbedaan Jurnal dan Artikel, dibuatkan sebuah Tabulasi yang menggambarkan perbedaan masing-masing. Lihatlah tabel berikut ini:

Judul Jurnal Artikel
Defenisi Kumpulan paragraf/ naskah yang diterbitkan. Kumpulan naskah ilmiah & diterbitkan dalam periode tertentu.
Karakter Non-fiksi, informasi, penelitian. Pendidikan atau akademis.

Kesimpulan

Jurnal dan artikel pada dasarnya dapat dikatakan sebagai satu kesatuan. Jurnal merupakan penerbitan atau publikasi, tempat dimana artikel berkumpul untuk dipublikasian. Hal ini dapat dilakukan dalam bentuk paper (Offline) maupun online.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar