Penelitian Tindakan Kelas

Reza Noprial Lubis

Jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang Penelitian Tindakan Kelas, Anda berada di tempat yang benar.

Jika Anda seorang Guru/ Dosen, penelitian tindakan kelas sangat berarti. Ini akan membantu untuk menyelesaikan persoalan di dalam kelas.

Mari kita teruskan.

Apa Itu Penelitian Tindakan Kelas

Pertama yang harus kita tahu, tentang penelitian tindakan kelas itu sendiri. Seperti yang Anda tahu, ada banyak sekali jenis penelitian yang dipopulerkan. Namun, tidak semua jenis penelitian itu sesuai untuk dunia pendidikan atau pembelajaran.

Ada banyak jenis penelitian lainnya seperti kualitatif, kuantitatif, maxing method, dan lain sebagainya. Penelitian tindakan kelas, adalah jenis penelitian yang berguna untuk pendidikan dan pembelajaran.

Sukanti juga mengatakan bahwa, penelitian tindakan kelas itu sangat berguna untuk pembelajaran di kelas. Ia diterapkan justru untuk meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran itu sendiri, serta menemukan sesuatu yang baru baginya.

Selain itu, ada banyak ahli yang telah menjelaskan tentang penelitian tindakan kelas. Sepanjang perjalanan, Saya menemukan beberapa diantaranya seperti Jaedun, yang mengungkapkan bahwa PTK adalah penelitian yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya.

Pendapat lain seperti Widayati, yang mengatakan bahwa PTK adalah penelitian untuk memecahkan permasalahan di kelas yang dihadapi Guru, dan dapat dilakukan individu dan kolaboratif.

Meski ada banyak ahli lain yang mengungkapkan tentang makna PTK ini, ketiga pendapat diatas bisa dijadikan untuk mewakili dalam pembahasan kita.

Jika Anda melihat, semua pendapat itu mengungkapkan tentang Guru dan kelasnya. Disinilah titik pembeda yang ingin dijelaskan.

Guru disana, tidak berpatokan pada Guru sebagai profesi. Melainkan, guru sebagai sifat. Jadi, itu dapat berlaku bagi setiap orang yang melakukan transformasi ilmu dalam kelompok tertentu.

Contoh kecil: Anda mengajarkan sesuatu kepada Anak/ Adik di dalam keluarga Anda dengan harapan dia dapat berbuat lebih baik. Setelah penyampaian itu dilakukan, Anda akan menilai apakah itu dilaksanakan atau tidak. Bila masalah yang sama masih ditemukan, Anda akan mencari tahu tentang dimana letak kesalahannya (dalam penyampaian Anda), dan segera diatasi.

Secara umum, ini adalah langkah yang sederhana yang dapat dijelaskan, untuk menggambarkan makna dari penelitian tindakan kelas. Meski banyak teori yang mengungkapkan dan menggunakan istilah "Guru", itu bukanlah semata-mata diperuntukkan kepada Guru sebagai profesi, melainkan guru sebagai sifat.

Tetapi dalam garis besar, PTK adalah jenis penelitian yang cocok digunakan Guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya.

Jenis Masalah Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian itu diperlukan bila ditemukan suatu masalah, untuk dicari solusinya. Jadi, memahami masalah adalah sesuatu yang penting sebelum menentukan jenis penelitian yang akan digunakan. Sebagai pembuka, Anda perlu mengetahui jenis masalah apa saja yang sesuai untuk penelitian tindakan kelas.

Ada beberapa jenis masalah penelitian tindakan kelas, yaitu:

  1. Learning Evaluation
    Hasil pembelajaran dapat dijadikan sebagai landasan dalam menentukan masalah penelitian tindakan. Tetapi, penelitian tindakan memiliki identitas khusus, yakni peningkatan. Menemukan masalah yang membutuhkan peningkatan, adalah hal yang dapat dilakukan dengan PTK.
  2. Activity Problems
    Aktivitas disini maksudnya adalah masalah pada aktivitas kelompok/ kelas. Peningkatan atasnya, adalah sesuatu yang dapat dilakukan penelitian menggunakan PTK.
  3. Technology Optimization
    Pengoptimalan teknologi juga demikian. Ketika teknologi telah dihadirkan, namun masih belum berlaku optimal dan ingin melakukan penelitian untuk mengetahui penyebab dan cara untuk meningkatkan pengoptimalannya, PTK adalah jalan yang tepat.

Hal yang dinilai penting, adalah bahwa penelitian tindakan membutuhkan sebuah perilaku terhadap masalah itu sendiri. Itulah mengapa ia disebut sebagai Penelitian TINDAKAN Kelas. Jadi, harus ada perilaku terhadap masalah, yang menghasilkan jawaban tertentu atasnya.

Referensi

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar