ISBN (International Standard Book Number)

Ilustrasi ISBN

ISBN adalah singkatan dari "International Standard Book Number" atau Nomor Standar Internasional Buku. ISBN adalah kode unik yang diberikan kepada setiap buku yang diterbitkan secara internasional. Nomor ISBN membantu mengidentifikasi buku secara spesifik, termasuk edisi, penerbit, dan negara penerbitan.

Buku yang tidak memiliki ISBN umumnya akan mengalami kesulitan dalam distribusi dan penjualan secara internasional. ISBN membantu dalam mengidentifikasi buku secara unik dan memudahkan proses penjualan, distribusi, dan pencarian buku di perpustakaan.

ISBN biasanya terdiri dari 13 digit, meskipun sebelum tahun 2007, ISBN terdiri dari 10 digit. Nomor ISBN memudahkan penjualan, distribusi, dan pengarsipan buku, serta membantu pembaca dan pustakawan dalam menemukan buku yang mereka cari.

Sebagai seorang pendidik dan penulis, memahami dan menggunakan ISBN dengan benar sangat penting dalam proses penerbitan dan penelitian. Dengan memasukkan ISBN dalam publikasi jurnal, buku, dan karya ilmiah lainnya, Anda membantu memastikan bahwa karya Anda dapat diidentifikasi dengan jelas dan diakses oleh pembaca di seluruh dunia.

Contoh ISBN

Berikut adalah contoh bentuk ISBN:

Contoh ISBN 13 digit: 978-0-306-40615-7
Contoh ISBN 10 digit: 0-306-40615-2

Setiap ISBN memiliki format yang khas, dengan tanda hubung yang memisahkan bagian-bagian tertentu dari nomor tersebut. Bagian pertama biasanya menunjukkan negara atau wilayah penerbitan, diikuti oleh kode penerbit, nomor identifikasi buku, dan digit terakhir yang merupakan digit verifikasi.

Dengan menggunakan ISBN, buku-buku Anda akan memiliki identifikasi unik yang memudahkan dalam penjualan, distribusi, dan pencarian di perpustakaan dan toko buku di seluruh dunia.

Cara Cek ISBN Buku

Untuk memeriksa ISBN buku, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara:

  1. Cek di bagian dalam buku: ISBN biasanya tercetak di halaman hak cipta atau halaman informasi penerbitan lainnya. Anda dapat menemukan nomor ISBN di bagian dalam buku, seringkali di bagian bawah halaman hak cipta.
  2. Gunakan situs web pencarian buku: Ada banyak situs web yang memungkinkan Anda untuk memasukkan nomor ISBN dan mencari informasi terkait buku tersebut, seperti judul, penulis, dan penerbit. Beberapa situs web yang populer untuk melakukan ini antara lain adalah Google Books, Amazon, Goodreads, atau situs web perpustakaan online.
  3. Aplikasi pemindai ISBN: Anda juga dapat menggunakan aplikasi pemindai ISBN di smartphone Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memindai nomor ISBN menggunakan kamera ponsel dan menampilkan informasi terkait buku tersebut.

Dengan cara-cara di atas, Anda dapat dengan mudah memeriksa dan mendapatkan informasi terkait buku berdasarkan nomor ISBN-nya.

Persyaratan Mendapatkan ISBN

Untuk mendapatkan ISBN, Anda perlu menghubungi lembaga penerbitan nasional di negara Anda. Di Indonesia, Badan Standardisasi Nasional (BSN) atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) adalah lembaga yang bertanggung jawab atas penerbitan ISBN.

Beberapa persyaratan umum untuk mendapatkan ISBN meliputi:

  1. Informasi penerbit: Anda perlu menyediakan informasi tentang penerbit buku, termasuk nama penerbit, alamat, dan informasi kontak.
  2. Informasi buku: Ini mencakup judul buku, penulis, jumlah halaman, bahasa, dan informasi terkait lainnya.
  3. Jenis buku: Anda perlu menjelaskan jenis buku yang akan diterbitkan, apakah itu buku cetak, buku digital, atau jenis buku lainnya.
  4. Tujuan penerbitan: Anda mungkin diminta untuk menjelaskan tujuan dari penerbitan buku tersebut.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, lembaga penerbitan nasional akan memberikan nomor ISBN yang unik untuk buku Anda. Dengan ISBN, buku Anda akan memiliki identifikasi resmi yang memudahkan dalam distribusi, penjualan, dan pencarian di seluruh dunia.

Komentar