Narasumber Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) STAI UISU 2022

Hari ini, Saya diamanahkan untuk memberikan materi Profesi Keguruan dalam kegiatan Pembekalan PPL STAI UISU 2022. Lihat lebih detail kegiatan ini.
Reza Noprial Lubis
pembekalan_ppl_2022 Undangan Dokumentasi

Kegiatan ini merupakan kegiatan akademik yang dilangsungkan Sekolah Tinggi Agama Islam "UISU" Pematangsiantar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan rutin tahunan yang termasuk dalam agenda akademik dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan setiap mahasiswa Tarbiyah (Keguruan) di Strata 1.

Kegiatan ini dilangsungkan selama 2 (dua) hari berturut, mulai dari 25 Juli 2022 hingga 26 Juli 2022. Setiap pelaksanaannya, diisi oleh pemateri dari Dosen STAI UISU Pematangsiantar yang dianggap mempuni untuk memberikan materi seputar persiapan atau pembekalan PPL bagi mahasiswa.

Pada kesempatan ini, Saya diamanahkan untuk memaparkan materi "Profesi Keguruan". Jadi, disana akan bercerita tentang profesi guru yang meliputi makna guru, kompetensi guru, tugas dan tanggung jawab guru, dan masih banyak lagi.

Tujuannya tidak lain hanyalah agar mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik PPL di lapangan nantinya, tidak merasa canggung akan kondisi dan keadaan nyata disana. Mereka jauh lebih siap dan memiliki antisipasi lebih awal atas hal-hal yang akan mereka hadapi di lapangan. Peserta PPL, tentunya akan menjadi fokus perhatian saat mereka melaksanakan praktiknya. Oleh karenanya, kesiapan mental dan keilmuan menjadi pondasi dasar untuk meraih kesuksesan dalam PPL.

Berikut ini merupakan materi yang disajikan pada kegiatan Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) STAI UISU Tahun 2022.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar