Cara Mengirim Jurnal di OJS (Online)

Jika Anda ingin mengirim naskah, Anda berada di tempat yang benar. Halaman ini akan memandu Anda untuk cara mengirim jurnal di OJS. Mari pelajari.
Reza Noprial Lubis

Jika Anda seorang Guru, Dosen, atau bahkan peneliti, tentu saja membutuhkan pengetahuan tentang penerbitan Jurnal. Bila Anda ingin menerbitkan sebuah naskah Jurnal, Anda berada di tempat yang benar. Halaman ini, akan memandu Anda untuk cara mengirim jurnal di OJS (Online), dengan panduan yang mudah. Mari kita teruskan.


Mengenal OJS

Sederhananya, OJS adalah singkatan dari Open Journals System, yang merupakan sebuah produk dari PKP (Public Knowledge Project). Mereka menghadirkan layanan CMS berupa open access, untuk digunakan para peneliti, pengembang, perusahaan, pendidikan, dan lain sebagainya.


Cara Mengirim Jurnal di OJS

Bagian ini, akan menjelaskan tentang cara mengirim jurnal di OJS. Mari kita teruskan.

Tentukan Laman Jurnal Target

Pertama yang harus dilakukan, adalah menentukan Laman Jurnal yang ditargetkan untuk dikirimi naskah.

Anda harus menemukan Jurnal yang ingin di-submit naskah. Bila Anda sedang mencari-cari Jurnal SINTA, Anda mungkin dapat melihat panduan cara mencari Jurnal SINTA. Kemudian, siapkan naskah Anda.

Daftar (Registrasi) di Laman Jurnal

Sekarang, Anda harus memiliki sebuah akun agar dapat mengirimkan Naskah disana. Pergilah ke menu Daftar (Registrasi) untuk memulai mengisi Formulir pendaftaran. Setelah proses registrasi berhasil, Anda dapat Login di laman Jurnal yang ada.

Submission/ Kirim Naskah

Setelah Login di laman Jurnal, Anda dapat mengirim naskah kapanpun Anda mau. Anda dapat menemukan menu Submission atau Kirim Naskah (bergantung bahasa yang dijalanka pada laman Jurnal).

Tangkapan layar ini, dapat dijadikan sebagai referensi saat Anda berada di Laman Jurnal dan ingin mengirimi naskah.

submission-mengirim-jurnal-di-ojs

Upload Isi Identitas Naskah

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menyetujui beberapa permintaan persetujuan. Baca dan setujui seluruhnya. Halaman ini biasanya terdiri dari beberapa tahapan, dan ketika telah menyelesaikan satu tahapan, Anda harus menekan tombol selanjutnya untuk dapat membuka halaman berikutnya.

Hingga pada tahapan Upload, Anda diminta untuk mengirim naskah dengan metode Upload. Kirimkan naskah Anda dalam bentuk file .doc.

Isi Metadata dan Konfirmasi

Setelah mengunggah naskah, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa Metadata. Meta data disini membutuhkan isian berupa Judul Artikel, Bahasa, Metode, File tambahan, hingga pada Daftar Pustaka.

metadata-ojs-mengirim-jurnal-online

Setelah Anda mengisi Metadata dan melakukan konfirmasi, lakukan langkah terakhir hingga selesai. pastikan Naskah Anda telah berada pada Menu Antrian Saya. Dengan begitu, Anda telah selesai mengirim Jurnal di OJS (Online).


Yang Dilakukan Setelah Mengirim Jurnal di OJS

Pada dasarnya, Anda hanya diminta menunggu. Ketika Naskah telah dikirimkan ke Jurnal Online, maka pengelola Jurnal akan melihat itu pada akun mereka. Mereka akan melewati langkah selanjutnya, untuk berbagai macam proses yang dijalankan seperti Review, Editing, dan lain sebagainya.

Meski demikian, Saya merekomendasikan agar memberitahu pengelola Jurnal bahwa Anda telah mengirimi mereka naskah. Hal ini sebagai upaya agar pengelola Jurnal dapat dengan segera mengatasi Artikel yang dikirimkan.

Anda dapat menghubungi mereka melalui email (biasanya tertera pada laman Jurnal Online), atau dapat menghubungi melalui nomor kontak yang disediakan. Pastikan Anda telah membaca ketentuan yang disediakan oleh pengelola Jurnal.


Kesimpulan

Pengiriman Jurnal online membutuhkan beberapa pengetahuan teknis, tentang penggunaan platform OJS. Anda dapat dengan mudah memahami langkah demi langkah, pada panduan cara mengirim Jurnal di OJS ini.

Anda akan tetap berada di laman OJS, hingga proses penerbitan naskah Anda. Oleh sebab itu, keamanan akun itu sangat penting karena Anda akan terus menggunakannya dengan platform OJS.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar