Cara Mencari Jurnal SINTA

Halaman ini, akan memandu Anda untuk mengetahui cara mencari Jurnal SINTA. Anda akan menemukan Jurnal sesuai dengan kriteria SINTA yang diharapkan.
Reza Noprial Lubis

Sebelum Anda mengirim Jurnal, tentunya mempertimbangkan terlebih dahulu tentang kebutuhan. Memilih predikat Jurnal adalah langkah awal yang semestinya diperhatikan bukan?

Misalnya Anda sedang berhadapan dengan tugas, yang mewajibkan Anda untuk menerbitkan Jurnal di SINTA 3. Maka, Jurnal Sinta 3 harus Anda temukan terlebih dahulu bukan?

Halaman ini akan memandu Anda, untuk cara mencari Jurnal SINTA, sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Mari kita teruskan.


Sekilas Tentang Jurnal SINTA

Sederhananya, SINTA adalah peringkat. Dalam skala nasional, SINTA terbagi menjadi beberapa peringkat dari SINTA 1-6. Sinta 1 adalah peringkat Sinta tertinggi dan Sinta 6 adalah peringkat Sinta terendah. Semua Jurnal yang menempati peringkat SINTA yang dimaksud, akan terindex pada halaman sinta.kemdikbud.go.id.

Sekarang, kita akan membahas tentang bagaimana cara mencari Jurnal Sinta. Mari kita mulai.


Cara Mencari Jurnal SINTA

Sebenarnya, Anda dapat mencari Jurnal SINTA dari melihat laman Jurnal itu sendiri. Misalnya, Anda mengunjungi sebuah laman Jurnal online, dan melihat informasi dari mereka. Tetapi, ini bukanlah pekerjaan yang sulit dan membutuhkan waktu yang panjang. Jadi, langkah praktis unuk ini adalah melihatnya dari peringkat SINTA yang telah terindex.

Mari ikuti langkah berikut ini:

  1. Kunjungi Website SINTA
    Anda harus mengunjungi situs web SINTA. Sekarang, buka tautan ini: sinta.kemdikbud.go.id. Anda akan berada pada halaman awal mereka.
  2. Pilih Menu Source → Jurnal
    Silahkan pilih menu pada bagian atas halaman utama, dan pergi ke Menu Source → Jurnal. Ini akan membawa Anda pada halaman sumber Jurnal keseluruhan. Anda dapat melihat banyaknya Jurnal yang telah terindex disana. Semua Jurnal yang terindex di SINTA, bukan berarti mereka telah menempari peringkat SINTA tertentu. Pada tahapan ini, Anda belum melihat tentang peringkat Sinta pada masing-masing Jurnal. Itulah yang akan dibahas pada langkah selanjutnya.
  3. Gunakan Filter
    Sekarang, mari kita gunakan menu filter. Ini akan berfungsi untuk menyaring semua Jurnal yang terindex, sesuai dengan perintah yang diinginkan. tombol-filter-cara-mencari-jurnal-sinta
    Katakanlah mislanya, kita sedang mencari Jurnal SINTA 3. Maka, yang perlu dilakukan adalah menekan tombol Filter, lalu centang predikat jurnal yang diinginkan, serta lengkapi dengan kategori yang diinginkan.
    Alur ini mungkin berguna: Filter → Sinta 3 → Education. Lihat tangkapan layar ini untuk mempermudah pekerjaan Anda:
    filter-jurnal-sinta
    Tekan tombol Filter Journal untuk menyelesaikan. Anda akan melihat semua laman yang terindex sebagai SINTA 3.
    Untuk dapat menuju langsung ke halaman Jurnal dan dapat mengirim Jurnal di OJS mereka, Anda hanya perlu menekan tautan yang mengarah pada website mereka.
    filter-jurnal-sinta-3

Kesimpulan

Panduan ini adalah cara yang tepat untuk mencari Jurnal Sinta. Anda dapat memilih jurnal manapun yang terindex oleh SINTA, dan langsung mengunjungi situs web mereka untuk mengirim naskah Anda. Atau, Anda dapat menjalin hubungan dengan kontak Jurnal yang ada.

Jika Anda mengalami kendala dalam panduan cara mencari Jurnal SINTA ini, jangan sungkan untuk menanyakan itu di kolom komentar, sekarang.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Comments