Microsoft Word for Edu

Pelajari panduan Microsoft Word untuk Akademisi

Kegiatan

Semua kegiatan yang dilewati

Cara Mencari Jurnal Ber-ISSN

ISSN merupakan singkatan dari International Standard Serial Number, yang berisi nomor unik sebagai identitas dari publikasi berkala. Jurnal yang memiliki ISSN dapat diartikan sebagai Jurnal resmi yang terdaftar dalam portal ISSN. Untuk dapat menemukan Jurnal ber-ISSN ada beberapa cara. Itulah yang akan kita bahas pada halaman ini.

Cara Mencari Jurnal Ber-ISSN

Mencari Melalui Portal ISSN

Tempat pertama yang dapat dijadikan rujukan adalah Portal ISSN. Disini merupakan tempat dimana seluruh terbitan berkala yang terdaftar memiliki ISSN akan dimunculkan. Sehingga, Anda dapat dengan mudah menemukan terbitan (pastinya memiliki ISSN).

Mencari Jurnal ber-ISSN dari Portal ISSN
Portal ISSN/ International Centre

Untuk dapat menggunakan Portal ISSN, dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Kunjungi portal.issn.org
  2. Tuliskan kata kunci yang diinginkan, dan tekan "Search"
  3. Buka Jurnal yang diinginkan.

Mencari Jurnal Ber-ISSN Melalui ISSN BRIN

ISSN BRIN adalah database lokal. Artinya, segala terbitan Jurnal yang berada di Indonesia dan terdaftar (ISSN), maka mereka akan ditemukan di ISSN BRIN. BRIN Lebih menarik dalam menampilkan data. Ia menampilkan detail terbitan, bahkan sampai pada pengelola terbitan itu sendiri. Untuk dapat mencari Jurnal melalui BRIN, berikut langkahnya:

  1. Kunjungi issn.brin.go.id/terbit
  2. Lakukan pencarian dengan menuliskan kata kunci pada kolom yang tersedia
  3. Pilih Jurnal yang ingin dilihat lebih jauh.

BRIN akan menghasilkan detail Jurnal cukup lengkap. Mulai dari menghasilkan identitas Jurnal, hingga pada pengelola dari Jurnal itu sendiri. Berikut tangkapan layarnya:

mencari-jurnal-ber-issn-di-issn-brin
Tampilan pencarian Jurnal pada laman ISSN BRIN.

Mencari Jurnal Ber-ISSN Melalui Semantic Scholar

Salah satu alat yang paling disukai, adalah Semantic Scholar. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai artikel Jurnal sesuai dengan kata kunci yang diinginkan. Menariknya, segala artikel yang ditampilkannya merupakan artikel yang berada pada terbitan ber-ISSN.

Tidak tahu bagaimana mereka mengindex naskah, apakah mereka mengharuskan ISSN sebagai syarat indexing mereka, tetapi sepanjang perjalanan, segala naskah yang ditampilkan disana adalah naskah yang memiliki DOI, dan tentunya itu ber-ISSN.

Tampilan dasar Semantic Scholar.

Untuk dapat menjelajah lebih jauh tentang Jurnal ber-ISSN di Semantic Scholar, langkah ini dapat membantu:

  1. Kunjungi situs semanticscholar.org
  2. Lakukan pencarian dengan menulis kata kunci pada Form yang tersedia.
  3. Anda dapat mengunjungi langsung ke halaman penerbitan (bila tersedia).

Jadi, ini adalah tempat yang menarik bagi Anda, bila ingin menjelajah lebih jauh dengan Jurnal yang ber-ISSN.

Mencari Jurnal Ber-ISSN Melalui Google Scholar

Pada dasarnya, Google Scholar adalah laman database pengindex artikel ilmiah. Jadi, setiap dokumen yang ditemukan, dan memenuhi berbagai kriteria artikel ilmiah seperti nama pengarang, penerbit, dan sebagainya, tidak menutup kemungkinan akan terindex oleh Google Scholar. Itu artinya, dokumen apa saja yang ditemukan dan memenuhi berbagai kriteria tersebut, maka akan terindex di Google Scholar.

Untuk memulai melakukan pencarian di Google Scholar, hanya perlu mengunjungi halaman scholar.google.com, dan melakukan pencarian disana secara bebas.

Dikarenakan berbagai kondisi di atas, maka untuk mencari Jurnal yang ber-ISSN dengan menggunakan Google Scholar, juga tidak mudah. Ada kalangan, terbitan yang berhasil di Index disana, sama sekali tidak terdaftar atau tidak memiliki ISSN. Itu sebabnya, pilihan ini dijadikan sebagai OPSI TERAKHIR dalam panduan ini.

Perlu memastikan apakah laman terbitan Jurnal itu memiliki informasi ISSN atau tidak. Anda dapat langsung mengunjungi situs website mereka, dan melihat informasi disana. Biasanya, ia ditampilkan dalam Header, Bilah Sisi, dan bagian About Journal.

Kesimpulan

Untuk dapat mencari Jurnal ber-ISSN tentu tidak lagi sesuatu yang sulit. Terlebih lagi, sudah banyak alat yang tersedia untuk menghasilkan index naskah Jurnal. Berbagai alat di atas, merupakan alat yang banyak digunakan oleh akademis, dan berharap itu dapat membantu Anda dalam menemukan jurnal ber-ISSN.

Komentar