Tugas Guru Sebagai Pendidik

Sebagai seorang Guru, tentu saja diwajibkan untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Dalam profesinya, guru memiliki beberapa tugas penting. Halaman ini, akan menjelaskan tentang Tugas Guru. Mari kita pelajari.

Pengertian Guru

Secara formal, guru adalah orang yang melakukan transfer ilmu (transfer of knowledge) terhadap para peserta didiknya. Dalam artian perundang-undangan, Guru dimaknai sebagai pendidik yang memberikan pengajaran terhadap peserta didik tingkat PAUD, Sekolah Dasar, Sekolah menengah.

Guru yang kerap juga dikatakan pendidik adalah sosok penting dalam kegiatan belajar mengajar siswa. Guru yang baik, adalah guru yang memahami akan fungsi dan tugasnya sebagai seorang guru.

Berikut ini, merupakan beberapa hal yang merupakan tugas guru, antara lain sebagai berikut.

Tugas Guru Menurut Beberapa Ahli

Menurut Daulay, tugas pendidik itu ada tiga macam, pertama, mentransferkan ilmu (transfer of knowledge); kedua, mentransferkan nilai (transfer of value); ketiga, mentransferkan keterampilan (transfer of skill).

Lebih lanjut Daulay mengungkapkan bahwa Rasulullah telah melaksanakan ketiga hal ini. Beliau menyampaikan wahyu yang berisikan informasi dan ilmu kepada para sahabatnya, beliau juga menanamkan nilai-nilai baik dan positif, seperti nilai-nilai akidah dan akhlak mulia. Begitu juga beliau telah mentransferkan keterampilan dalam bentuk perilaku baik yang berkenaan dengan aktivitas ibadah maupun akhlak. Dengan demikian, rasulullah Muhammad saw itu adalah seorang pendidik.

Komentar