Metode Reward Dalam Pembelajaran

Salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode reward. Ketahui lebih dalam tentangnya disini.
Reza Noprial Lubis

Kata Reward dalam bahasan Inggris berarti penghargaan atau hadiah. Reward ini dapat digunakan untuk berbagai hal sebagai bentuk penghargaan. Misalnya, seseorang yang berhasil menjuarai kompetisi tertentu, maka akan diberikan reward atau hadiah atas prestasi yang didapatnya.

Keadaan ini membuat reward menjadi sesuatu hal yang dibutuhkan. Lalu, bagaimana metode ini bisa digunakan dalam pembelajaran? Berikut ini penjelasannya.

Reward Dalam Pembelajaran

Pembelajaran tentu mengedepankan tentang materi sajian yang senantiasa dilakukan evaluasi terhadapnya. Diakhir pembahasan suatu materi sajian yang disajikan langsung oleh guru, biasanya akan dilakukan semacam evaluasi untuk mengetahui segala hal tentang ketercapaian tujuan yang dilaksanakan.

Evaluasi ini tentunya tidak hanya berobjek pada siswa semata, melainkan hal ini juga akan menilai dari bagaimaan keberhasilan guru mengajar di kelas mereka.

Reward dalam pembelajaran sangatlah berperan penting dalam hal mencapai keberhasilan pembelajaran itu sendiri. Pemberian reward terhadap siswa akan mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam suatu waktu tertentu.

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Ni Kadek Sujiantari dengan judul penelitian PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Studi Pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016), memberikan penjelasan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa.

Beliau mengungkapkan dalam jurnalnya bahwa besarnya pengaruh secara simultan dari variabel reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 36.7%, sedangkan sisanya sebesar 63.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

pengaruh_reward_terhadap_belajar

Diagram di atas menjelaskan bahwa reward memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa. Sebesar 37% pengaruh dari minat belajar siswa dipengaruhi oleh reward. Sementara, 63% yang dituliskan sebagai lainnya itu, dimaksudkan untuk pengaruh dari sisi lain, selain dari reward.

Hasil beberapa penelitian di atas, dirasa cukup menggambarkan bahwa keberadaan reward dalam pembelajaran dinilai penting. Hal ini, diharapkan akan memberikan pengaruh yang baik terhadap motivasi belajar siswa dan sejalan dengan itu diharapkan pula ketercapaian tujuan pembelajaran yang dilaksanakan siswa itu sendiri.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar