Microsoft Word for Edu

Pelajari panduan Microsoft Word untuk Akademisi

Kegiatan

Semua kegiatan yang dilewati

Cara Melihat ID Google Scholar

cara-melihat-id-google-scholar

Setiap Akun Profil di Google Scholar memiliki ID. Inilah yang menjadi pembeda dari tiap-tiap akun profil yang ada disana. Halaman ini, akan memandu Anda untuk mengetahui tentang cara melihat ID Google Scholar. Mari kita pelajari.

Profil Google Scholar

Setiap dokumen yang ditemukan (terindeks) di Google Scholar tentunya miliki seseorang. Jika tautan dokumen itu dibuka, maka ia akan menjelaskan lebih jauh tentang identitas dokumen itu sendiri, termasuk penulisnya.

Setiap penulis, memiliki sebuah akun disana. Itu dapat juga dilihat oleh orang secara bebas, yang bersumber dari metadata dokumen yang terindeks tersebut.

Misalnya: Cobalah untuk melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu, dan temukan hasilnya. Gambar ini adalah hasil pencarian artikel.

metadata-artikel-google-scholar

Gambar di atas, memperlihatkan hasil pencarian dari Google Scholar, dan menampilkan Metadata tiap-tiap artikel. Disana, terlihat teks RN Lubis, yang merupakan penulis dari naskah yang terlihat itu. Anda dapat membuka tautannya untuk menuju halaman profil dari penulis.

Cara Melihat ID Google Scholar

Kadang kala, Anda membutuhkan informasi tentang ID Google Scholar. Kini Anda tidak lagi bingung untuk menentukannya, karena bagian ini kita akan mempelajari tentang cara melihat ID Google Scholar. Mari kita teruskan.

  1. Buka Profil tujuan
    Dihalaman profil (apakah milik Anda atau milik orang lain), akan menampilkan berbagai informasi tentang user yang menggunakan. Tampilannya, akan terlihat seperti berikut:
    tampilan-profil-google-scholar
    Pada tampilan yang ada di profil, tidak ada kolom khusus yang menampilkan ID Google Scholar. Itulah yang akan dibahas pada tahapan selanjutnya.
  2. Melihat ID Google Scholar
    Sekarang, lihatlah pada bagian URL dari halaman profil siapapun itu. Ini tidak hanya terbatas pada akun Anda, melainkan Anda juga dapat melihatnya pada profil orang lain.
    Dibagian URL dari halaman yang sedang Anda buka, ia akan terlihat seperti berikut: https://scholar.google.com/citations?user=XFWCdhsAAAAJ&hl=id&oi=sra. Disinilah Anda dapat melihat ID Google Scholar.
    Lihatlah pada teks dengan akhiran =id. Ini memberi tanda bahwa bagian sebelumnya adalah ID. Sekarang, Saya membagikannya. Lihat ini: https://scholar.google.com/citations?user=XFWCdhsAAAAJ&hl=id&oi=sra. Teks yang diberi tanda berwarna kuning, adalah ID Google Scholar. Inilah ID khusus yang akan membedakan dari masing-masing akun disana. Adapun bagian selanjutnya, hingga kini belum ada informasi lebih detail tentang itu.

Kesimpulan

Agar dapat menemukan ID Google Scholar Anda, bahwa ia berada pada URL dari halaman profil Anda. Itu akan terlihat pada masing-masing akun yang terdaftar disana. Setiap akun, memiliki ID yang berbeda antara satu dengan lainnya.

ID Google Scholar berada pada URL profil, dan ditandai dengan teks sebelumnya ...user=, dan diakhir dengan ...=id. Teks yang berlatar kuning ini, adalah ID profil Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?user=XFWCdhsAAAAJ&hl=id&oi=sra.

Jika Anda tertarik mempelajari lebih jauh tentang penggunaan Google Scholar, jangan sungkan untuk menelusuri lebih jauh di kategori Google Scholar.

Komentar