Menambahkan Body Note di Microsoft Word

Body Note digunakan untuk memberikan informasi kutipan di dalam paragraf pada Microsoft Word. Halaman ini akan menjelaskan lebih jauh tentangnya. Informasi tambahan tentang penulisan karya ilmiah, dapat melihat halaman Karya Ilmiah.

Tentang Body Note

Pada konteks umum, istilah "Body Note" mengacu pada model pengutipan referensi dalam sebuah dokumen atau karya ilmiah. Berbeda denga mode pengutipan Footnote atau Endnote, Body Note ditulis dengan isian pengarang, tahun, dan halaman dalam tanda kurung dan disatukan dalam paragraf.

Contoh:
Ini adalah paragraf kutipan (Lubis, 2023: 10).

Format Penulisan Body Note

Format penulisan Body Note secara umum, dapat melihat pada bagian berikut ini:

Penulis Nama penulis, ditulis dengan nama akhir penulis.
Tahun Tahun terbitan, ditulis secara lengkap.
Halaman Halaman ditulis dengan prefix titik dua/ :.

Cara Membuat Body Note di Ms. Word

Untuk dapat membuat Body Note di Word, ikuti langkah berikut ini:

  1. Tambahkan Referensi
    Pertama, tambahkan referensi pada Tab References > Insert Citation. Tambahkan referensi yang diinginkan dengan melengkapi identitas referensi.
    Insert Citation di Microsoft Word
  2. Tambahkan Referensi di Teks
    Setelah referensi dimuat, selanjutnya menambahkannya di dalam teks/ paragraf. Arahkan kursor tempat dimana akan menambahkan Body Note, kemudian pilih Insert Citation > Pilih Referensi. Bila Anda belum memiliki sumber data referensi, maka Anda perlu menambahkannya dengan menekan "Add New Source". Isi data referensi yang dibutuhkan.
    Insert Citation di Microsoft Word
  3. Body Note ditampilkan
    Setelah menentukan penulis/ referensi di paragraf, pastikan teks Body Note benar-benar terlihat. Sampai pada tahapan ini, semestinya proses penulisan Body Note telah selesai.

Hasil yang ditampilkan mungkin hanya menunjukkan nama pengarang dan tahun saja. Untuk dapat menambahkan halaman, pengguna dapat mengarahkan kursor pada simbol segitiga () pada bagian kutipan paragraf. Kemudian pilih "Edit Citation".

Pada dasarnya, Anda dapat menuliskan Body Note dengan sangat mudah di Microsoft Word. Hanya dengan menuliskannya sesuai dengan format yang ada, maka sudah dapat terlihat menggunakan Body Note.

Tetapi halaman ini memandu dengan cara menggunakan sistem yang disediakan dari Microsoft Word. Dengan mengetahui cara ini, maka mempermudah Anda untuk menbuat daftar isi di Word.

Merubah Referensi Body Note

Dalam menggunakan Body Note di Microsoft Word, pengguna dapat melakukan perubahan pada setiap sumber referensi yang telah digunakan sebelumnya. Untuk mengubah Body Note, ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka Tab References > Manage Sources
  2. Edit Referensi
    Anda dapat mengubah referensi yang diinginkan, dengan menentukan sumber referensi, dan pilih edit. Anda juga dapat memilih tindakan lain untuk modifikasi referensi.
  3. Simpan
Komentar