Kapan Menggunakan Penelitian Kualitatif?

Anda harus menggunakan metode penelitian kualitaif, bila beberapa masalah ditemui dilapangan. Berikut ini gambaran tentang masalah-masalah itu.
Reza Noprial Lubis

Jika saat ini, Anda telah memahami tentang metode penelitian kualitatif, maka yang perlu diketahui selanjutnya adalah kapan ia akan digunakan.

Pemilihan antara menggunakan penelitian kualitatif atau kuantitatif tergantung pada tujuan penelitian, pertanyaan penelitian, dan karakteristik fenomena yang ingin diteliti. Berikut adalah situasi-situasi di mana penelitian kualitatif biasanya lebih sesuai:

Ketika ingin memahami makna subjektif

Jika tujuan penelitian adalah untuk memahami makna subjektif, persepsi, dan pengalaman individu atau kelompok terhadap suatu fenomena, maka pendekatan kualitatif sering lebih sesuai.

Pemahaman makna subjektif adalah salah satu kekuatan utama dari pendekatan penelitian kualitatif. Ini mengacu pada pemahaman yang mendalam tentang persepsi, interpretasi, dan pengalaman yang dimiliki individu atau kelompok terhadap suatu fenomena.

Ketika mengeksplorasi fenomena yang kompleks

Jika fenomena yang diteliti kompleks dan sulit dipahami dengan angka atau statistik saja, pendekatan kualitatif memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi dengan lebih mendalam.

Ketika mengeksplorasi fenomena yang kompleks, penelitian kualitatif dapat memberikan pemahaman yang mendalam dan kontekstual tentang aspek-aspek yang kompleks tersebut. Fenomena kompleks seringkali melibatkan banyak variabel, dinamika yang kompleks, dan interaksi antara berbagai faktor.

Ketika ingin mengeksplorasi variasi individual

Jika peneliti tertarik untuk mengeksplorasi variasi individual dalam pengalaman, sikap, atau perilaku terkait dengan fenomena yang diteliti, pendekatan kualitatif memungkinkan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang variasi tersebut.

Poin ini menggarisbawahi pentingnya penelitian kualitatif ketika peneliti tertarik untuk mengeksplorasi variasi individual dalam pengalaman, sikap, atau perilaku terkait dengan fenomena yang diteliti.

Kesimpulan

Penting untuk diingat bahwa pilihan antara penelitian kualitatif atau kuantitatif harus didasarkan pada pertimbangan teliti terhadap pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, sumber daya yang tersedia, dan keahlian peneliti. Terkadang, pendekatan gabungan dari keduanya (mixed-methods) dapat menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan wawasan yang komprehensif tentang suatu fenomena. Selanjutnya, ketahui tentang Prinsip Penelitian Kualitatif.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar