Review Buku Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah

Salah satu jenis buku yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam kajian Pendidikan Islam adalah buku Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah. Buku ini berisikan informasi yang berguna dalam menjelaskan tentang Pendidikan Islam.

Review buku ini, merupakan analisa sederhana tentang beberapa indikator yang dinilai penting sebagai bahan perbandingan. Beberapa indikator yang menjadi bahan review. Lihatlah bagaimana Cara Saya melakukan review buku, untuk penjelasan lebih jauh.

Identitas Buku

Judul Buku Pendidikan Islam Dalam LIntasan Sejarah
Penulis
  1. Haidar Putra Daulay
  2. Nurgaya Pasa
ISBN 978-602-7985-03-2
Edisi 3
Thn Terbit 2016
Penerbit Prenadamedia Grup
Halaman 246 Halaman
Kategori
  1. Buku Referensi
  2. Buku Monograf
Preview
cover-buku-pendidikan-islam-dalam-lintasan-sejarah

Kelengkapan Unsur Buku Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah

Buku ini dilengkapi dengan beragam unsur yang umumnya ditemukan dalam sebuah buku. Beberapa unsur tersebut seperti: (1) cover, (2) Pengantar; (3) Daftar isi; (4) Isi buku; (5) Daftar bacaan/ referensi; (6) Tentang penulis.

Ruang Lingkup Pembahasan

Kajian atau pembahasan dalam buku ini dinilai cukup untuk mendukung keilmuan sejarah pendidikan Islam. Buku ini membahas mulai dari hal-hal yang mendasar. Terlebih lagi, buku ini membagi BAB yang menerangkan tentang pendidikan Islam masa kemunduran, pembaruan, dan era kebangkitan. Tentunya, ini memudahkan pembaca dalam menelusuri informasi tentang ketiga bagian penting tersebut.

Kecukupan Ilustrasi dan Kemutakhiran Data

Buku ini, menampilkan banyak deskripsi tentang BAB yang menjadi topik pembahasannya. Meski demikian, tidak ditemukan gambar ilustrasi sebagai peengkat tambahan untuk uraian yang ada. Gambar atau ilustrasi dimungkinkan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca, terlebih lagi hal ini bercerita persoalan sejarah, yang pada umumnya melibatkan gambar-gambar bersejarah atau dokumen lainnya yang dinilai penting.

Selain itu, persoalan data merupakan bagian yang dinilai penting, terlebih lagi dalam mengulas informasi seputar sejarah. Tidak banyak ditemukan paparan data yang ditampilkan seperti Tabel, diagram, atau yang lainnya. Buku ini hanya menampilkan satu buah tabel menjelaskan tentang negara Islam yang dijajah. Meski demikian, sajian tabel ini benar-benar jelas yang dilengkapi dengan negara yang dijajah, negara penjajah, tahun berlangsungnya, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kelemahan

Berdasarkan analisa terhadap buku ini, penulis mengumpulkan beberapa hal yang termasuk dalam kelebihan dan kelemahan buku antara lain sebagai berikut:

  1. Kelebihan
    • Pembahasan cukup
    • Hirarki pembahasan mudah dipahami
    • Sajian teks dan narasi dapat dicermati
  2. Kelemahan
    • Diagram, gambar, grafik, dan lainnya mungkin perlu ditambahkan;
    • Dinilai perlu penambahan berupa tabel, untuk setiap biografi yang ada.
Komentar