Perbandingan Bootcamp UI/UX harisenin.com dengan Purwadhika




UI/ UX belakangan ini menjadi sesuatu yang menarik. Pasalnya, pertumbuhan internet di Indonesia berkembang sangat pesat. Sejak tahun 2018 ke 2019, pertumbuhan penduduk di Indonesia meningkat sebanyak 1%. Namun, pertumbuhan berkembang lebih pesat.



Populasi penduduk Indonesia sebanyak 274,9 juta. Pengguna Smartphone sebanyak 345,3 juta (125,6% dari jumlah populasi di Indonesia). Pengguna Internet sebanyak 202,6 juta (73,7% dari jumlah populasi di Indonesia). Pengguna Media Sosial yang aktif sebanyak 170 juta (61,8% dari jumlah populasi di Indonesia).



Dari paparan data ini, dapat diambil kesimpulan bahwa perkembangan internet benar-benar berjalan dengan cepat.



UI/ UX adalah salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari website. Pengguna yang bertahan untuk mengakses internet, dapat disimpulkan bahwa mereka melihat tampilan yang rapi dan tidak membosankan. Dimana mempelajarinya?



Saya mencoba melihat beberapa hal di Internet tentang itu, dan mencoba menganalisis sederhana diantara mereka, untuk menemukan sesuatu yang terbaik versi Saya.



Objek kali ini adalah Bootcamp harisenin.com dengan Purwadhika. Mari kita teruskan.





Benefit Bootcamp Harisenin.com dan Purwadhika



Sebagai permulaan, mari kita bahas tentang benefit yang akan didapatkan untuk masing-masing layanan ini. Harisenin.com menawarkan benefit yang cukup untuk berbagai kalangan.



Sekarang, mari kita lihat Purwadhika.



Dari masing-masing benefit yang ditawarkan, hampir seluruhnya memiliki hal yang serupa. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.



Namun, Saya berkaca pada aspek yang dinilai, yaitu persoalan jaminan. Hanya ada satu layanan yang menawarkan jaminan, yaitu harisenin.com.



Mereka bersedia mengembalikan uang hingga 100% bila selama 1 tahun tidak mendapatkan kerja (khusus guarantee program). Ini menarik. Bila Anda ingin tahu lebih jauh tentang ini, jangan sungkan untuk menanyakannya pada penyedia layanan. Dalam konteks ini, Saya hanya menganalisa dari apa yang ditampilkan dalam halaman mereka.



Kini saatnya, kita berbicara tentang sesuatu yang sensitif, yaitu biaya. Sebenarnya, ini kembali pada masing-masing orang (pengguna). Mari kita lihat, berapa tawaran yang ada pada masing-masing layanan Bootcamp ini.



Ini daftar biaya masing-masing kelas yang ditawarkan harisenin.com:



































Kelas Waktu Biaya Lainnya
Guarantee Program (early bird promo) 3-4 bln 4.000.000 -
Guarantee 3-4 bln 10.000.000 -
Full Course 3-4 bln 3.000.000 -
Guarantee-Cicilan 0% 3-4 bln 500.000 x 20 Cicilan 0%


Melihat dari rincian biaya yang ada, mereka menawarkan sesuatu yang sangat terjangkau. Kita tahu, bahwa ilmu yang ditawarkan benar-benar berarti untuk perkembangan teknologi dan internet saat ini, hanya dengan harga yang terjangkau.



Sekarang, mari kita lihat perbandingannya dengan Purwadhika.


















Kelas Waktu Biaya Lainnya
Early Bird Promo 1 bln Rp 17.205.000 -


Purwadhika menawarkan kelas yang berbeda, yakni kelas Offline & Online. Dalam perbandingan ini, Saya hanya bercerita tentang layanan Online yang mereka tawarkan.



Biaya merupakan hal yang vital bagi Saya. Pasalnya, ini benar-benar menjadi hal yang sangat memerlukan pertimbangan, terlebih lagi di era baru ini (pasca covid).



Dalam kaitan ini, persoalan biaya yang lebih terjangkau adalah harisenin.com. Meski ini dikembalikan kepada pengguna, namun dalam perbandingan ini harisenin.com dapat dijadikan pilihan untuk berkaca dari persoalan harga. Lihat Harga harisenin.com.



Yang menarik adalah persoalan waktu yang disediakan untuk belajar. Harisenin.com menawarkan waktu yang lebih lama, rata-rata 3-4 bulan. Sedangkan Purwadhika menawarkan 1 bulan belajar. Jadi, harisenin.com unggul dalam hal ini.





Alumni Harisenin.com dan Purwadhika



Sebagai informasi tambahan, dirasa perlu mencari lebih jauh tentang bagaimana orang-orang menikmati layanan yang ada. Salah satunya adalah dengan cara melihat alumni dari masing-masing layanan ini. Ini menarik. Mari kita teruskan.



Untuk memulai ini, Saya akan memperlihatkan beberapa hasil penelusuran, tentang kedua layanan ini. Mari lihat tabel ini:































Features Harisenin.com Purwadhika
Menampilkan Alumni



Alumni Bekerja
Alumni Bekerja di Top Company

Alumni Bekerja Sesuai Keahlian


Sekarang saatnya, kita mengulas satu demi satu dari fitur yang ada pada gambar ini.



Pertama, soal apakah layanan mereka menampilkan alumni atau tidak. Harisenin.com menampilkan berbagai alumni mereka. Ini jauh lebih mudah ditemukan, karena mereka membuatnya menjadi lebih sederhana, dengan sebuah halaman yang bertajuk “Alumnus Harisenin.com”. Telusuri lebih jauh disana, untuk informasi lebih detail.



Hal ini juga berlaku untuk Purwadhika. Mereka juga menampilkan beberapa alumni mereka. Ini juga menjadi sesuatu yang mudah untuk ditemukan, karena juga terlihat dengan jelas pada menu di halaman mereka.



Kedua, persoalan apakah alumni yang ada itu sudah bekerja atau tidak. Dalam halaman Alumni, harisenin.com memperlihatkan pekerjaan pada setiap alumni mereka. Ini benar-benar jauh lebih baik bagi Saya, karena mereka memperlihatkan itu pada sebuah halaman yang sama.



Berbeda dengan Purwadhika. Pada dasarnya, mereka menampilkan alumni mereka pada halaman tertentu. Tetapi bila Anda ingin melihat apakah alumni mereka bekerja, Anda harus membuka halaman berupa “Video”, dan itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Beberapa Video memang Saya lihat, dan memberikan keterangan bahwa mereka bekerja (Alumni). Sayangnya, Saya tidak melihat semua dari alumni mereka.



Ketiga, persoalan bekerja dimana para alumni mereka. Ini yang menarik. Bila Anda masih ingat, pada bagian sebelumnya Saya telah menjelaskan bahwa harisenin.com menawarkan sebuah program, yaitu “Jaminan uang kembali bila tidak mendapatkan kerja 1 Tahun”.



Ini spesial bagi Saya. Faktanya, alumni mereka bekerja di Top Company. Beberapa media besar tempat mereka bekerja seperti Tiktok, Bukalapak, stasiun TV, Pegawai Bank, dan masih banyak lagi. Ini sangat kuat, jika disandingkan dengan program yang mereka tawarkan. Sekarang, mari kita lihat Purwadhika.



Purwadhika memang menampilkan cukup banyak daftar alumni mereka. Beberapa diantara alumni mereka juga disebutkan bekerja di perusahaan ternama. Dari sekian banyak alumni yang ditampilkan di halaman mereka, Saya tidak melihat dominasi untuk perusahaan ternama. Saya melihat bahwa semua alumni mereka bekerja pada tempat yang relevan dengan keilmuan yang ada. Hanya terlihat beberapa Brand populer seperti Doku, sribulancer, Tokopedia, FIF Group, Tiket.com, dan beberapa yang lainnya.



Keempat, persoalan bekerja sesuai dengan keahlian. Sepanjang penelusuran, Saya melihat bahwa masing-masing layanan menampilkan alumni mereka yang bekerja sesuai untuk bidang keahlian masing-masing. Perusahaan tempat mereka bekerja, tergolong relevan untuk bidangnya. Jadi dalam hal ini, keduanya memiliki alumni yang bekerja di bidangnya.





Kesimpulan



Setiap menentukan sesuatu, kerap sekali Saya berdasar pada apa yang menjadi perhatian, seperti Benefit, Biaya dan Alumni. Ketiga bagian ini menjadi hal yang benar-benar fokus Saya, dalam menentukan sesuatu. Harisenin.com unggul dalam bidang Benefit, yang memungkinkan Anda untuk menerima uang kembali 110% bila selama 1 tahun tidak mendapatkan pekerjaan. Biaya yang ditawarkan juga benar-benar terjangkau. Menariknya, mereka menampilkan alumni yang bekerja di berbagai Brand ternama seperti Tiktok, Bukalapak, Stasiun TV, dan masih banyak lagi.



Demikian halnya Purwadhika, mereka juga memenuhi ketiga aspek yang kita kaji dalam halaman ini (Benefit, biaya dan Alumni). Dalam sajian ini, Purwadhika menawarkan biaya yang lebih besar untuk kelas mereka, dengan waktu yang tergolong singkat. Jadi, bila Anda terbatas pada keuangan dan ingin belajar, maka Program harisenin.com mungkin dapat dijadikan sebagai opsi. Atau, Anda dapat berkaca dari aspek lain dalam perbandingan ini, untuk menentukan salah satu dari mereka. Bagaimana dengan Anda? Jangan sungkan menanyakan sesuatu di kolom komentar.

Komentar