Membuat Lulus Tidak Lulus di Excel


Ketika menerima hasil ujian, dan sudah memiliki skor nilai siswa, maka ini adalah modal kita dalam membuat Lulus Tidak Lulus di Excel. Halaman ini, akan memandu Anda tentang bagaimana membuat keterangan LULUS atau TIDAK LULUS di Excel. Mari kita teruskan.





Keterangan Lulus dan Tidak Lulus



Ketika sudah memiliki nilai, maka Anda dapat membuat keterangan bagi nilai yang ada. Dalam kasus ini, hanya ada 2 (dua) keterangan, yaitu LULUS dan TIDAK LULUS. Jadi, kita hanya menyiapkan dua keterangan saja.


Cara kerjanya adalah, rumus yang kita buat melihat data dari hasil nilai akhir berupa angka. Angka nilai itulah yang menjadi patokan ketika menentukan LULUS atau TIDAK suatu nilai, dengan kriteria yang kita inginkan.





Rumus Yang Digunakan




Sekarang, mari kita ketahui tentang rumus yang digunakan, untuk membuat keterangan LULUS dan TIDAK LULUS di Excel. Lihat dan salin rumus di bawah ini.






=IF(B2>=65,"Lulus","Tidak Lulus")





  1. =IF diartikan sebagai "Jika".

  2. B2 adalah tempat dimana lokasi nilai acuan.

  3. => menandakan "Sama dengan" atau "Lebih besar" .

  4. 65 adalah angka yang digunakan sebagai dasar menentukan kriteria. Biasanya, ini disesuaikan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari sekolah. Anda dapat menyesuaikannya dengan angka berapapun.










Cara Membuat Lulus Tidak Lulus di Excel





  1. Tentukan lokasi Cell
    Dihalaman lembar kerja Excel Anda, tentukan tempat dimana Anda ingin menampilkan keterangan LULUS atau TIDAK LULUS. Dalam kasus ini, Saya menempatkannya tepat dibagian paling ujung dari lembar kerja Excel Saya.

    Tempat Membuat Lulus Tidak Lulus di Excel






  2. Tempelkan Rumus
    Sekarang, salin rumus yang telah dituliskan sebelumnya. Tempelkan ia pada bagian tempat dimana yang diinginkan. Dalam contoh ini, tempelkan ia pada Sel D2. Agar semua rumus berjalan dengan baik, tempelkan melalui baris yang tersedia pada bagian Toolbar Excel (bukan ditempel langsung ke Cell. Lihat tangkapan layar ini:

    Tempel Lulus Tidak Lulus di Excel

    Setelah semuanya selesai, tekan ENTER untuk menyelesaikan langkah ini.


Komentar