Apa Itu SEO: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Dari padanan kata ini, dapat diartikan sebagai pengoptimalan mesin pencari.



Jadi pada dasarnya, praktik SEO ini adalah mengupayakan agar sebuah halaman lebih optimal dalam sebuah hasil pencarian.



Tetapi pada kenyataannya itu tidak semudah seperti apa yang dikatakan dalam berbagai teori-teori bacaan.



Ada banyak hal yang harus diterapkan agar menggapai tujuan yang paling akhir dalam praktik SEO.



Sebelum kita berbicara terlalu jauh tentang SEO, halaman ini akan mengantarkan kepada anda tentang deskripsi yang menjelaskan SEO itu sendiri, dalam upaya membangun pemahaman kita. Mari kita teruskan.






Pengertian SEO



Istilah SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.Istilah ini sangat ramai dibicarakan dalam mesin penelusuran seperti Google Bing Yandex, dan lain sebagainya.



Ada banyak hal yang terjadi sebelum halaman-halaman itu ditampilkan dalam mesin pencari, ketika anda mencari sesuatu. Mari kita coba.



Ketika anda membuka Google misalnya, lalu kemudian Anda menuliskan sesuatu di kolom pencarian mereka, maka mereka akan memberikan hasil dari halaman-halaman yang terkait dengan kata kunci yang anda cari.



Bagaimana proses itu bisa terjadi?

Disisi lain halaman-halaman yang dimunculkan itu memberikan peringkat tertentu. Kadangkala. hari ini kita melihat bahwa halaman A berada pada peringkat satu. Lalu kemudian keesokan harinya, kita melihat kembali bahwa halaman A menjadi peringkat 3.



Disinilah letak pentingnya SEO itu. Dimana, ini adalah upaya untuk mengoptimalkan halaman dalam hasil penelusuran dengan mesin pencari apapun, seperti Google, Bing, Yandex, dan lain sebagainya.





Tujuan SEO



Sebelumnya sudah dijelaskan, bahwa SEO dipandang sebagai sesuatu yang memegang penting dalam permainan mesin pencari.



Ada beberapa tujuan umum, orang-orang menggunakan SEO dalam praktik mereka. Beberapa tujuan SEO itu, sebagai berikut:




  • Mendatangkan Traffict dari internet

  • Branding merk

  • Menyajikan konten


Ketiga bagian itu, adalah hal yang paling umum dijadikan orang sebagai tujuan SEO. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa praktik SEO adalah pengoptimalan mesin pencari. Target inti dalam aktivitas ini adalah bagaimana mencapai peringkat tertinggi dalam sebuah hasil penelusuran tertentu.





Berbagai Manfaat SEO




Sebenarnya, sudah dapat dibayangkan tentang apa saja yang menjadi manfaat SEO itu. Ketika mereka menggunakan praktik SEO untuk halaman web mereka, maka itu akan mengupayakannya untuk mendapat peringkat terbaik dalam penelusuran.



Jadi, hal ini akan mendatangkan banyak sekali manfaat untuk situs web mereka. Beberapa diantaranya seperti:




  • Menerima banyak kunjungan dari orang-orang di internet

  • Bisnis yang dijalankan semakin dikenali oleh orang-orang

  • Mendapatkan kunjungan, yang berdampak pada penghasilan yang bersumber dari periklanan (bila mereka menjalankan iklan di situs web)
    dan masih banyak lagi.

  • Bila melihat dari sudut pandang pebisnis, tentu saja akan ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dalam praktik SEO ini. Keseluruhannya itu, akan bermuara pada penjualan mereka (bila ia berjualan), penghasilan mereka (bila mereka menjalankan periklanan), atau hal lainnya.







Kapan Anda Membutuhkan SEO



Sekarang, muncul pertanyaan lanjutan. Mendasar, tetapi ini penting untuk diketahui.


Kapan Saya harus membutuhkan SEO?


Anda dapat kapan saja untuk memutuskan untuk menerapkan praktik SEO, atau justru mengabaikannya. Semua bergantung pada tujuan Anda, atau tujuan dari hadirnya situs web Anda.



Jika Anda menginginkan kedatangan pengunjung situs web, maka SEO adalah praktik terbaik untuknya. Sebaliknya, jika itu hanya ditujukan sebagai orang-orang tertentu saja, maka SEO adalah langkah yang membuang-buang waktu Anda.



...sederhana!



Untuk penerapan SEO, tentunya Anda perlu mengetahui beragam hal yang akan muncul selama menerapkan itu. Hal ini seperti Backlink, kecepatan website, Domain Authority, dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki daya merogo kocek yang lebih dalam, mungkin memilih praktisi SEO adalah jalan pintas yang dapat dijadikan opsi.



Tetapi kenyataannya di luar sana, ada banyak sekali penawaran yang ditemukan untuk praktisi SEO ini. Oleh karenanya, harga yang ditawarkan juga beragam, bahkan jauh dari apa yang dibayangkan. Bahkan, angka tertinggi yang pernah ditemui mencapai 30 Juta rupiah. Ini angka yang fantastis.



Tetapi, bila Anda berencana memulainya dari dasar, pelajari lebih banyak tentang Faktor Google Ranking. Selanjutnya, Anda harus mengikuti setiap langkah yang disajikan, dalam SEO Checklist.

Komentar