Cara Menambahkan Artikel di Google Scholar

Halaman ini akan memandu Anda untuk mengetahui cara menambahkan artikel di Google Scholar. Mari kita pelajari dan ikuti langkah demi langkah.
Reza Noprial Lubis
Thumbnail Cara Menambahkan Artikel di Google Scholar

Publikasi Anda mungkin saja telah terpenuhi dan terbit. Namun, Anda sudah meng-klaim untuk naskahnya? Ini akan bermuara pada akun SINTA Anda. Oleh karena itu, penting untuk memantau naskah di akun Google Scholar, dan menambahkan naskah bila belum masuk ke dalam Profil Anda.

Halaman ini akan menjelaskan panduan langkah demi langkah, tentang cara menambahkan artikel di Google Scholar. Mari kita pelajari.

Cara Menambahkan Artikel di Google Scholar

Anda dapat dengan mudah menambahkan artikel di Google Scholar hanya dengan beberapa langkah sederhana. Namun jika Anda belum memiliki akun Google Scholar, ukuti panduan Cara Membuat Akun Google Scholar. Mari kita mulai.

  1. Lihat Index Naskah Anda
    Pertama, yang harus dilakukan adalah melihat apakah Naskah Anda yang telah dipublikasikan, sudah terindeks dalam Google Scholar. Cara yang mungkin dapat Anda lakukan, adalah menuliskan judul di pencarian Google Scholar dengan operator tambahan seperti: Allintitle:. Itu akan memerintahkan Google untuk mencari naskah dengan judul sesuai dengan yang diminta.
    Contoh penerapannya, Saya ingin mencari indeks naskah Saya yang berjudul "Peran dan Fungsi Tauhid Dalam Kehidupan Sosial". Langkahnya seperti ini: Allintitle:Peran dan Fungsi Tauhid Dalam Kehidupan Sosial. Ganti judul seperti judul publikasi Anda, dan tempelkan ia pada pencarian Google Cendekia. melihat-naskah-jurnal-indeks-di-google-scholar
    Jika naskah Anda muncul dalam hasil pencarian, maka itu berarti naskah publikasi Anda telah terindeks dengan baik di Google Scholar. Tidak ada hal lain yang perlu diperhatikan, selain mengklaimnya ke dalam Profil Google Scholar Anda.
    Sebaliknya, jika dalam melakukan pencarian dan Anda tidak/ belum menemukan naskah terbaru Anda disana, maka Anda dapat melewati tahapan ini, dan mulailah untuk mengikuti panduan menambahkan artikel di Google Scholar secara manual.
  2. Masuk ke Laman Profil Anda
    Sekarang, kita perlu menuju halaman Profil. Pilih menu yang tersedia di Pojok Kiri Atas, dan pilih Profil Saya. Sekarang, kita telah berada di halaman Profil. letak-menu-profil-di-google-scholar
  3. Pilih Ikon Tambah Artikel → Tambah Artikel
    Dihalaman profil, pilih menu tambahkan artikel. Ia akan terlihat dengan logo seperti ini: . Kemudian Anda dapat memilih sub-menu yang muncul. Pilih Tambahkan Artikel.
    Lihatlah tangkapan layar ini: pilihan-menu-tambah-artikel-cara-menambahkan-artikel-di-google-scholar
  4. Temukan Naskah Anda
    Sekarang, mari temukan naskah Anda yang telah terindeks sebelumnya. Tuliskan nama penulis, atau Anda juga dapat mencarinya menggunakan Metadata Judul naskah Anda. cari-indeks-naskah-google-scholar
    Kotak Centang di pojok kanan atas, digunakan setelah pencarian naskah Anda selesai. Pastikan semua naskah milik Anda tercentang, dan tekan tombol Check berwarna biru () di pojok kanan atas.

Cara Menambahkan Artikel di Google Scholar Cara Manual

Bila Anda tidak menemukan naskah Anda di Google Scholar, atau belum terindeks disana, maka langkah yang dapat ditempuh adalah dengan menambahkan secara manual. Dalam kondisi tertentu, langkah ini merupakan langkah yang tidak Saya rekomendasikan. Namun, Google Scholar memiliki fitur untuk menambahkan naskah secara manual dan kita perlu mengetahuinya. Mari kita coba.

  1. Pilih Ikon Tambah Artikel → Tambah Artikel Secara Manual
    Dihalaman profil, pilih menu tambahkan artikel. Ia akan terlihat dengan logo seperti ini: . Kemudian Anda dapat memilih sub-menu yang muncul. Pilih Tambahkan Artikel Secara Manual.
  2. Tentukan Jenis Publikasi Anda
    Disini, Anda dapat menentukan jenis publikasi apa yang ingin ditambahkan secara manual. Anda dapat memilih Jurnal, Buku, Paten, Tesis, atau karya ilmiah lainnya. Setiap jenis, membutuhkan isian Metadata yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda memilih jenis publikasi terlebih dahulu, sebelum melanjutkan. jenis-terbitan-menambahkan-artikel-manual-google-scholar
  3. Isi Metadata
    Silahkan isikan sesuai dengan hasil terbitan (publikasi) Anda. Pastikan semua terisi dengan benar, agar menampilkan hasil yang maksimal pada laman Profil Google Scholar Anda. isian-metadata-menambah-artikel-manual-di-google-scholar
    Kotak Centang di pojok kanan atas, digunakan setelah semua hasil input Medatada selesai. Pastikan semua isian sudah benar, dan pilih Centang Biru ()di pojok kanan atas.
width="560" height="315"

Dalam kondisi tertentu, menambahkan terbitan secara manual memiliki kekurangan. Salah satunya yakni tidak menghasilkan halaman URL (tautan) ke arah terbitan tempat dimana Anda menerbitkan naskah. Video ini membantu untuk penyelesaian cara menambahkan artikel di Google Scholar.

YouTube Video: Cara Menambahkan Artikel di Google Scholar.

Kesimpulan

Naskah Anda mungkin saja sudah terindeks di Google Scholar. Namun, tidak sedikit diantara kita yang mengabaikan naskah yang ada itu, tanpa melakukan CLAIM terhadapnya.

Anda dapat melakukan CLAIM naskah dengan cara manual atau dengan cara otomatis. Hal yang perlu diketahui, bahwa menambahkan naskah secara manual, akan merugikan beberapa hal seperti Permalink/ Tautan yang mengarah langsung keterbitan naskah tidak tersedia, meski ia dapat terlihat pada laman profil Google Scholar Anda.

Jika Anda mengalami kendala dalam menambahkan artikel di Google Scholar, jangan sungkan untuk menuliskan komentar di bawah ini, SEKARANG.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar