Cara Membuat Akun Google Scholar Untuk Dosen

Akun Google Scholar merupakan akun yang semestinya tidak diabaikan oleh Dosen. Hal ini tentunya sangat penting dan mendukung Tri Dharma yang dilaksanakan. Halaman ini, akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana cara membuat Akun Google Scholar khusus untuk Dosen. Mari kita teruskan.


Pentingnya Akun Google Scholar

Sadar atau tidak, Google Scholar menjadi hal yang utama bagi perkembangan karir dosen. Hal ini karena dari sana, berbagai hasil karya yang dipublikasikan akan terlihat. Tidak hanya itu, melalui Google Scholar pula publikasi dosen ditarik dan ditampilkan di beberapa media penting seperti SINTA, WoS, dan lain sebagainya.

Jika Dosen tidak memiliki Akun Scholar, maka ia tentunya tidak akan menghasilkan penelitian apapun yang terindex disana. Alhasil, tidak akan ada publikasi yang ditampilkan pada laman penting seperti SINTA, WoS, ORCID, dan lain sebagainya.

Padahal, SINTA juga menjadi salah satu media yang ditarik datanya untuk ditampilkan di SISTER. Bayangkan bila Anda tidak menggunakan Google Scholar. Tidak ada aktivitas publikasi yang akan terlihat.


Cara Membuat Akun Google Scholar

Untuk dapat membuat Akun Google Scholar, mari ikuti langkah demi langkah berikut:

  1. Masuk ke Google Scholar
    Langkah pertama, Anda harus mengunjungi Google Scholar, dan mulai membuat akun disana. Tautan ini langsung mengarahkan Anda langsung ke formulir pendaftaran. Atau, Anda dapat membuka Google Scholar, dan menuju menu Profil Saya disana. Tangkapan layar ini membantu: menu_profil_saya_di_Google_scholar
    Itu akan mengarahkan Anda ke halaman formulir pendaftaran. Itulah yang akan dibahas pada tahapan selanjutnya.
  2. Lengkapi Data Profil
    Silahkan lengkapi data untuk Profil Anda. Pastikan Anda mengisi data dengan benar. Hal ini akan berperan penting dalam kelangsungan Akun Google Scholar Anda.
    Bagian yang tak kalah penting, adalah Email Verifikasi. Anda harus menggunakan Email Universitas, untuk dapat terverifikasi disana. Input email Universitas Anda, pada form Email Untuk Verifikasi.
    Google Scholar mengharuskan setiap penggunanya untuk berafiliasi dengan perguruan tinggi. Itu sebabnya, Anda harus menggunakan Afiliasi dan bagian Email, dapat Anda gunakan email perguruan tinggi Anda. Ada baiknya untuk menanyakan langsung dengan pihak terkait, jenis email mana yang digunakan untuk praktik ini.
    Penting..!
    Jika Anda mahasiswa, perlu untuk menghubungi pihak perguruan tinggi untuk proses verifikasi. Pastikan Anda terdaftar sebagai mahasiswa, agar mempermudah proses verifikasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi Anda.
  3. Menambahkan Artikel
    Sekarang, Anda dapat menambahkan Artikel yang sebelumnya telah diterbitkan di Jurnal Online.
    Perlu Diketahui.!
    Meski Anda tidak memiliki akun Google Scholar, artikel Anda mungkin telah terindex disana dengan baik.
    Anda hanya perlu melakukan "CLAIM" terhadap naskah Anda (bila itu ditemukan disana). Namun pastikan, bahwa naskah yang Anda CLAIM sebagai milik Anda, benar-benar adalah hasil karya Anda. Jangan sekali-kali mengambil naskah yang tidak milik Anda, karena itu akan memberi efek buruk dimasa mendatang. tambahkan_artikel_di_google_scholar Ikuti panduan Cara Menambahkan Artikel di Google Scholar untuk penjelasan yang lebih detail.
  4. Atur Setelan Akun
    Disini, Anda dapat mengatur profil Anda. Tidak banyak yang bisa dilakukan disini. Namun pilihan yang berguna seperti Pengingat, bisa Anda aktifkan. Itu akan membuat Anda menerima pesan email, ketika ada pembaruan artikel yang mempengaruhi akun Anda.

Bagaimana Menghapus Akun Google Scholar

Anda dapat dengan mudah untuk menghapus akun Google Scholar. Alur yang dapat dilewati hanya SetelanAkunMenghapus Akun.

menghapus_akun_google_scholar

Langkah itu, akan menghapus akun Google Scholar Anda. Itu artinya, artikel Anda tidak akan terdaftar pada akun Anda. Penyebab lain dari aktivitas ini, akun lain yang terhubung dengan Akun Google Scholar Anda, akan kehilangan data (seperti SINTA & Sister).

Berikut ini video panduan membuat akun Google Scholar:


Beberapa Pertanyaan Terkait

Tentu. Mahasiswa juga dapat membuat akun Google Scholar. Meski begitu, mereka harus melakukan verifikasi email ke bagian terkait (seperti LPPM, atau yang lainnya).

Google Scholar sepenuhnya gratis untuk digunakan. Tidak ada biaya yang dikeluarkan.

Memiliki akun Google, mengisi formulir pendaftaran di Google Scholar, menentukan email verifikasi dari instansi/ universitas Anda, dan profil siap untuk digunakan.

Umumnya beberapa formulir meminta Anda untuk menginput Link Google Scholar. Link Google Scholar adalah tautan yang mengarah ke Profil pengguna Google Scholar, yang menampilkan semua hasil publikasi karyanya.

Komentar