Jenis Penelitian Kualitatif

Ilustrasi Jenis Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang berfokus pada pemahaman mendalam dan deskriptif tentang fenomena manusia, budaya, perilaku, atau konsep dengan menggunakan metode-metode kualitatif seperti observasi, wawancara, analisis teks, dan pendekatan non-angka. Berikut beberapa jenis penelitian kualitatif yang umum:

Penelitian Kualitatif Etnografi

Penelitian kualitatif etnografi adalah jenis penelitian yang menggunakan pendekatan etnografi untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang suatu fenomena atau kejadian dalam konteks budaya tertentu.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian etnografi meliputi observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Berikut adalah teknik pengumpulan data penelitian kualitatif etnografi:

  1. Observasi lapangan
    Melibatkan pengamatan langsung terhadap kegiatan atau perilaku manusia dalam konteks sosial tertentu. Observasi lapangan dapat dilakukan dengan cara terlibat atau tidak terlibat, tergantung pada tujuan penelitian dan kondisi lapangan.
  2. Wawancara
    Melibatkan interaksi langsung antara peneliti dan responden untuk memperoleh informasi tentang pandangan, sikap, dan pengalaman responden terkait topik penelitian. Wawancara dapat dilakukan secara terstruktur, semi-terstruktur, atau tidak terstruktur.
  3. Dokumentasi
    Melibatkan pengumpulan data dari dokumen atau arsip tertentu yang terkait dengan topik penelitian, seperti catatan, foto, video, atau dokumen resmi.

Penelitian Kualitatif Studi Kasus (Case Studies)

Penelitian kualitatif studi kasus adalah metode penelitian yang digunakan untuk memahami suatu kasus atau situasi secara mendalam dalam konteks alamiahnya. Metode ini umumnya digunakan untuk menggali pemahaman yang mendalam tentang suatu fenomena, proses, atau peristiwa yang kompleks. Penelitian kualitatif studi kasus cenderung menggunakan pendekatan deskriptif dan tidak melibatkan generalisasi statistik. Teknik pengumpulan data yang umum digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian kualitatif studi kasus dapat digunakan untuk mengembangkan teori, memahami konteks sosial, atau mendukung pengambilan keputusan dalam situasi tertentu.

Penelitian Kualitatif Fenomenologi (Phenomenology)

Kualitatif fenomenologi adalah salah satu metode penelitian kualitatif yang digunakan untuk memahami makna dari suatu peristiwa dan saling pengaruhnya dengan pelaku, mengungkapkan interpretasi yang khas dari hasil wawancara tanpa adanya asumsi sebelum melakukan penelitian, memberikan gambaran arti pengalaman-pengalaman hidup subjek secara mendalam dimulai dari sewaktu ia kecil, seperti apa gambaran orang tuanya, hubungan dengan orang tua, lingkungan, hingga pada waktu ia melakukan penyalahgunaan.

Penelitian jenis fenomenologi berusaha untuk menemukan makna psikologis dari pengalaman subjek terhadap suatu fenomena melalui studi yang intensif dalam konteks kehidupan sehari-hari subjek yang sedang diselidiki.

Penelitian Kualitatif Studi Sejarah (Historical Research)

Penelitian kualitatif studi sejarah (historical research) adalah metode penelitian yang digunakan untuk memahami dan menganalisis peristiwa, kejadian, atau kondisi masa lalu. Pendekatan kualitatif dalam ilmu sejarah menekankan pada deskripsi, interpretasi, dan pemahaman yang mendalam terhadap konteks sejarah.

Metode penelitian ini umumnya melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber, seperti arsip, dokumen, dan sumber-sumber primer lainnya, serta analisis terhadap data-data tersebut. Penelitian kualitatif studi sejarah sering kali menghasilkan narasi atau cerita yang mendalam tentang suatu peristiwa sejarah, dan dapat digunakan untuk mengembangkan pemahaman tentang masa lalu, memperkuat teori-teori sejarah, atau mendukung pengambilan keputusan dalam konteks sejarah. Creswell menambahkan bahwa penelitian studi kasus dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti ilmu sosial, pendidikan, dan bisnis, untuk menggali wawasan mendalam tentang kompleksitas suatu masalah atau fenomena

Komentar