Bagaimana Cara Membuat Rumusan Masalah Dalam 4 Langkah

Rumusan masalah adalah bagian awal dalam membuat sebuah karya ilmiah penelitian. Disini, kita akan mengetahui tentang bagaimana cara membuat rumusan masalah dalam 4 langkah.





Mengapa Ini Penting



Rumusan masalah, akan memberikan gambaran tentang permasalahan yang diulas dalam naskah ilmiah. Ini menjadi begitu penting sebab dengannyalah, pembaca dapat memahami alur yang ada.







4 Cara Membuat Rumusan Masalah



Sekarang kita berada pada bagian terpenting dalam halaman ini. Itu akan membahas tentang langkah-langkah membuat rumusan masalah. Mari kita mulai.


1. Masalah Mengkerucut


Jika masalah yang ada dalam pembahasan Anda bersifat mengkerucut, itu akan jauh lebih mudah untuk dikerjakan. Sebaliknya, bila permasalahan yang lebih luas, itu justru akan mempersulit pembahasannya.



2. Urutkan Dari Sebelum-Sesudah


Karya ilmiah tentunya diharapkan dapat menghasilkan jawaban yang pasti dan disusun sistematis. Itu artinya, rumusan masalah harus diuraikan dari sebelum, hingga sesudah. Ini adalah langkah selanjutnya, ketika membuat rumusan masalah.


Tidak jarang dalam sebuah karya ilmiah, menguraikan tentang permasalahan mereka dalam rumusan "Bagaimana sebelum..", "Bagaimana saat pelaksanaan...", dan "Bagaimana hasil/ sesudah...".


Jadi, dalam pembahasan hasil karyanya, peneliti menjelaskan lebih detail dan mencakup segala aspek pembahasan yang dibutuhkan.



3. Tidak Lebih Dari Tiga


Meski pada dasarnya, Anda dapat menentukan sendiri tentang seberapa banyak rumusan masalah yang diinginkan, nyatanya banyak hasil karya ilmiah yang membatasi rumusan masalah mereka hanya sebatas 3 buah.


Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya (2), dimana disana akan menerangkan tentang sebelum, saat penerapan, dan setelah.

Komentar