Membuat Survey Dengan Google Form

Bila Anda ingin melakukan Survey, Google Form membantu Anda. Membuat Survey dengan Google Form akan jauh lebih baik, terlebih lagi rekaman data yang memanjakan pengguna.


Halaman ini, akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana tahapan demi tahapan dalam membuat survey online, dengan panduan terbaik. Mari kita mulai.





Keuntungan Membuat Survey Menggunakan Google Form



Pertama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang betapa menguntungkannya ketika membuat halaman survey menggunakan Google Form. Dalam catatan Saya, ada beberapa hal yang menguntungkan saat menggunakannya, seperti:



  1. Minim biaya cetak/ print kuesioner;

  2. Waktu pengisian (bagi pengguna) relatif singkat;

  3. Visualisasi yang bisa diatur secara bebas;

  4. Rekaman data yang valid;

  5. Eksport data menjadi file excel, yang membantu meringankan pekerjaan.


Keuntungan lain mungkin tidak tertuang dalam List di atas. Akan ada banyak sekali hal yang menguntungkan lainnya, ketika menggunakan Google Form sebagai media survey Anda.


Sekarang, bagaimana untuk memulai membuat halaman survey dengan Google Form itu? Inilah saatnya untuk membahasnya lebih detail.





Cara Membuat Survey Dengan Google Form



Modal dasar dalam melakukan ini, adalah memiliki akun Google. Bila Anda belum memilikinya, Anda dapat membuat akun Google terlebih dahulu, untuk kemudian Login ke dalam Google Form.



Panduan ini, akan menjelaskan lengkah demi langkah untuk mulai membuat Survey dengan Google Form.



  1. Buka panel dashboard Google Form Anda

  2. Buat Formulir Survey baru

  3. Isikan identitas dan deskripsi penting tentang formulir survey Anda

  4. Buat soal dengan jenis:

    • Pilihan Ganda
      Anda dapat menggunakan Pilihan Ganda untuk jenis soal di Google Form untuk memulai survey Anda. Buatlah Kuesioner yang Anda inginkan, dengan jenis soal Pilihan Ganda.
      Jika Kuesioner Anda berbentuk soal kepuasan (yang membutuhkan rentang jawaban seperti: Tidak PuasCukup PuasPuasSangat Puas), dapat menggunakan Skala Liner. Itulah yang akan muncul pada bagian setelah ini.

    • Skala Linier
      Skala Linier adalah pilihan yang tersedia untuk mengambil data dengan model survey. Meski Anda dapat menentukan sendiri jenis yang Anda inginkan, tapi halaman ini dirasa perlu memberikan penjelasan tentang jenis soal ini.
      Beragam bentuk kuesioner yang ada dalam melakukan survey. Salah satunya adalah jenis pertanyaan dalam bentuk rentang nilai pilihan.



  5. Kirim formulir survey Anda.







Hal Yang Perlu Diperhatikan



Google Form menerapkan sistem penyimpanan otomatis. Anda tidak akan menemukan tombol untuk perintah SIMPAN disana. Jadi, pastikan semua pekerjaan Anda telah tersimpan dengan baik, dengan melihat indikator yang muncul pada bagian Header halaman kerja Anda. Tangkapan layar ini memandu Anda:



Indikator penyimpanan otomatis Google Form


Gambar di atas, menjelaskan bahwa halaman pekerjaan Saya, telah tersimpan di Google Form. Ketika ia masih dalam status diluar daripada itu, maka pekerjaan Anda belum sepenuhnya tersimpan. Pastikan itu.






Kesimpulan



Pada dasarnya, Google Form banyak digunakan untuk kebutuhan pengambilan data survey. Oleh sebab itu, aplikasi berbasis web yang satu ini tergolong mendukung untuk penggunaan Survey.


Survey biasanya membutuhkan jawaban pasti (yang dipilih pengguna), entah itu menggunakan pilihan berganda atau Skala Linier. Dari sana, akan memberikan jawaban pasti tentang sebuah pertanyaan atau pernyataan yang diajukan.

Komentar