Microsoft Word for Edu

Pelajari panduan Microsoft Word untuk Akademisi

Kegiatan

Semua kegiatan yang dilewati

Cara Mengubah Gaya Tulisan di Microsoft Word

Menggunakan Microsoft Word, memungkinkan Anda mengubah Gaya tulisan yang diinginkan. Ada banyak sekali Gaya yang ditawarkan disana, dengan tampilan yang menarik. Termasuk, Anda juga dapat membuat desain khusus untuk judul, teks paragraf, dan lain sebagainya. Halaman ini, akan memandu Anda untuk mengetahui cara mengubah gaya tulisan di Microsoft Word. Mari kita pelajari.

Tentang Gaya Tulisan Microsoft Word

Gaya tulisan disini maksudnya adalah jenis font. Jadi, halaman ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengubah gaya tulisan di Microsoft Word. Pada dasarnya, terdapat 2 (dua) cara yang dapat dilakukan, yakni sebagian darinya, atau mengubah keseluruhan dengan penanda TAG. Mari kita pelajari.

Cara Mengubah Gaya Tulisan di Microsoft Word

Untuk dapat mengubah gaya tulisan Anda di Microsoft Word, disini dijelaskan dengan dua cara. Pada dasarnya, ini membuahkan hasil yang sama. Memilih diantara mereka, sejatinya hanya persoalan kebutuhan. Bila Anda mengubah teks yang sedikit, Cara 1 mungkin berguna. Bila ingin mengubah Paragraf bahkan untuk seluruh paragraf dalam TAG yang sama, Cara 2 membantu Anda.

Mari kita terapkan.

  1. Blok Teks
    Untuk memulai, silahkan Anda tentukan teks yang ingin di rubah gaya tulisannya, dengan cara me-blok teks.
  2. Pilih Font di Tab Home
    Sekarang, buka Tab Home. Pada bagian bawah, terdapat sisi Font. Pilih jenis font yang diinginkan. Alurnya kurang lebih seperti ini: HomeFont Style. Lihat tangkapan layar ini:
  3. Lihat Hasil
    Sekarang, Anda dapat melihat hasil pergantian Gaya Tulisan yang telah dirubah. Anda dapat mengganti dengan mengulangi tahapan yang telah dilakukan sebelumnya.
  1. Pilih Teks
    Silahkan tentukan teks/ paragraf yang ingin dirubah Gaya tulisannya. Anda dapat melakukan Blok pada teks yang diinginkan.
  2. Beri TAG/ Penanda
    Jika Anda bekerja dengan TAG/ Penanda, itu akan mempermudah Anda untuk mengubah Gaya tulisan. Pastikan semua teks yang ingin dirubah Gaya penulisannya, telah ditandai (TAG) dengan label Anda sendiri.
  3. Modifikasi Gaya TAG
    Pada TAG/ Penanda, klik kanan → Modify. Itu akan memunculkan kotak dialog baru, dengan pengaturan modifikasi Gaya teks.
    modifikasi-gaya-tulisan-di-microsoft-word-dengan-tag
    Anda juga dapat menambahkan jenis penanda baru, dan lakukan design sesuka hati untuknya.
  4. Sesuaikan Jenis Font
    Pada bagian Formating, pilih Gaya Font yang diinginkan. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan lainnya seperti: Font Size, Bold, Italic, Underline, warna teks, dan lain sebagainya.
  5. Pilih OK Untuk Menyelesaikan
    Tekan tombol OK untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, dan lihat hasilnya. Semua teks yang diberi tanda yang sama, secara otomatis akan berganti sesuai dengan pengaturan yang telah dibuat.
    Ini merupakan REKOMENDASI untuk praktik kerja terbaik dalam menggunakan Microsoft Word. Ini membuat Anda jauh lebih mudah dalam mengubah Gaya tulisan di Microsoft Word dan bekerja untuk semua teks dalam dokumen Anda (yang diberi TAG yang sama).

Masing-masing cara di atas, menghasilkan kelebihan dan kelamahan masing-masing. Meski demikian, ini bukan berarti bercerita tentang mana yang baik atau yang buruk. Lihat tabel ini, untuk menggambarkan perbedaan dari keduanya:

Pilihan Kelebihan Kelemahan
Cara 1
  • Mudah untuk digunakan
  • Berguna untuk mengatur teks/ paragraf singkat
  • Bebas menentukan batasan teks
  • Hanya untuk mengatur teks yang di-blok
  • Bekerja ekstra untuk mengubah gaya tulisan di lembaran yang banyak
Cara 2
  • Memudahkan pekerjaan untuk lembar dokumen yang banyak
  • Berguna untuk semua teks/ paragraf dengan TAG yang sama
  • Dapat menyesuaikan pengaturan lebih lanjut, untuk margin, ukuran tulisan, dan sebagainya
  • Tidak untuk huruf (satu huruf), melainkan satu paragraf

Penggunaan dari kedua cara tersebut, dapat disesuaikan dengan kebutuhan penulis itu sendiri. Memahami kedua cara tersebut, akan membantu meringankan pekerjaan teknis Anda dengan Microsoft Word.

Komentar