Karakteristik Masalah Penelitian


Karakteristik Masalah Penelitian



Karakteristik masalah penelitian adalah ciri-ciri atau sifat-sifat yang dimiliki oleh sebuah masalah penelitian yang akan diteliti. Karakteristik masalah penelitian yang jelas dan terdefinisi dengan baik akan memudahkan peneliti dalam merumuskan tujuan penelitian, merancang metode penelitian, mengumpulkan data, dan menganalisis hasil penelitian. Beberapa karakteristik masalah penelitian yang dapat diperhatikan adalah sebagai berikut:




  1. Relevan dan Signifikan

    Masalah penelitian haruslah relevan dan signifikan terhadap bidang atau disiplin ilmu yang diteliti. Masalah penelitian yang relevan dan signifikan akan memudahkan peneliti dalam memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan serta memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan.



  2. Spesifik dan Terfokus

    Masalah penelitian haruslah spesifik dan terfokus pada suatu aspek atau variabel tertentu yang ingin diteliti. Dengan begitu, peneliti dapat mengidentifikasi dengan jelas tujuan dan cakupan penelitian serta merancang metode penelitian yang tepat.



  3. Memiliki Gap dalam Pengetahuan

    Masalah penelitian harus memiliki gap dalam pengetahuan yang sudah ada. Gap dalam pengetahuan akan memudahkan peneliti dalam menentukan tujuan penelitian dan mengidentifikasi kebutuhan data dan informasi yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil penelitian yang bermanfaat.



  4. Mempunyai Potensi untuk Diselesaikan

    Masalah penelitian harus memiliki potensi untuk diselesaikan. Peneliti harus mempertimbangkan ketersediaan data dan informasi, kemampuan dalam merancang dan mengimplementasikan metode penelitian, serta kemungkinan mendapatkan hasil yang bermanfaat.



  5. Tersedia Sumber Data dan Informasi yang Memadai

    Masalah penelitian harus memiliki sumber data dan informasi yang memadai. Peneliti perlu mempertimbangkan kemudahan dalam mengakses data dan informasi yang dibutuhkan serta keakuratan dan kevalidan sumber data dan informasi tersebut.



  6. Tantangan atau Kendala yang Menarik

    Masalah penelitian yang menarik adalah masalah yang memerlukan pemecahan atau solusi yang sulit atau menantang. Masalah penelitian yang menarik dapat meningkatkan motivasi dan semangat peneliti dalam mencari solusi yang tepat.




Dalam memilih masalah penelitian, peneliti perlu memperhatikan karakteristik masalah penelitian yang sesuai dengan bidang atau disiplin ilmu yang akan diteliti dan mempertimbangkan ketersediaan sumber daya yang ada. Karakteristik masalah penelitian yang jelas dan terdefinisi dengan baik akan memudahkan peneliti dalam merancang dan melakukan penelitian yang tepat dan menghasilkan hasil penelitian yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Komentar