Cara Update SINTA dari Google Scholar

Halaman ini akan menjelaskan kepada Anda tentang cara update SINTA dari Google Scholar. Mari ikuti panduan yang lengkap untuk melakukannya.
Reza Noprial Lubis

SINTA (Science and Technology Index) merupakan laman ilmiah yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek yang menyediakan berbagai jurnal terakreditasi Nasional. Peneliti dan Dosen pada dasarnya sangat disarankan memiliki akun SINTA dan memperlihatkan artikel yang dipublikasikan disana.

Bila Anda ingin tahu tentang cara update SINTA dari Google Scholar, Anda berada di tempat yang benar. Halaman ini akan menjelaskan dengan detail tahapan yang dilalui, agar naskah Google Scholar Anda dapat terlihat oleh SINTA. Mari kita pelajari.

Tentang SINTA

SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal yang dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (sekarang menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi/Kemendikbud Ristek) di Indonesia. Portal ini bertujuan untuk mengukur kinerja riset, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah dari para peneliti dan perguruan tinggi di Indonesia.

Cara kerja SINTA biasanya melibatkan langkah-langkah berikut:

  1. Pengumpulan Data
  2. Pengolahan Data
  3. Penilaian Kinerja
  4. Akses Publik
  5. Bantuan dalam Pengembangan Riset
  6. Pengembangan Riset dan Kolaborasi

Perguruan tinggi dan peneliti mengirimkan data dan informasi mengenai publikasi ilmiah, karya penelitian, dan aktivitas pengabdian masyarakat mereka ke dalam sistem SINTA. Data ini mencakup informasi mengenai penelitian yang dilakukan, publikasi yang dihasilkan, kolaborasi internasional, penghargaan, dan aktivitas lain yang relevan.

Setelah data dikumpulkan, SINTA akan melakukan pengolahan data untuk menghitung berbagai indikator kinerja. Indikator-indikator ini meliputi jumlah publikasi ilmiah, jumlah sitasi, h-index, kerjasama internasional, dan lain-lain. Pengolahan data ini dilakukan dengan menggunakan metode-metode standar yang digunakan secara global dalam pengukuran kinerja riset.

Informasi yang dihasilkan oleh SINTA dapat digunakan oleh institusi pendidikan tinggi dan peneliti untuk mengidentifikasi bidang-bidang yang perlu ditingkatkan, merencanakan kolaborasi dengan institusi lain, dan mengarahkan upaya riset lebih lanjut.

Melalui pemahaman mengenai kinerja riset, SINTA dapat membantu mengarahkan pengembangan riset di Indonesia. Institusi dan peneliti yang memiliki kinerja baik dapat diakui dan didorong untuk berkolaborasi lebih lanjut dalam upaya penelitian.

Cara Update SINTA dari Google Scholar

Pembaruan informasi di SINTA tidak dapat dilakukan langsung dari Google Scholar, karena SINTA adalah sistem terpisah yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia.

Sebelumnya, Anda harus memastikan naskah telah ditemukan di Google Scholar. Pelajari tentang cara menambahkan artikel di Google Scholar untuk menambahkan artikel. Bila Anda belum memiliki akun disana, mulailah membuat akun Google Scholar, dan tambahkan publikasi Anda disana. Namun, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk memastikan bahwa informasi Anda yang terkait dengan publikasi ilmiah di Google Scholar juga ditemukan dengan benar di SINTA:

  1. Masuk di Profil SINTA
    Untuk melakukan Update data SINTA, semestinya Anda login terlebih dahulu dan masuk ke halaman profil.
    dashboard-sinta
  2. Masuk ke Publications Google
    Di halaman dashboard, Anda mungkin menemukan sisi kiri halaman beberapa menu. Pilih menu My SINTAPublications Google. Tangkapan layar ini membantu:
    menu-publications-google-di-sinta-cara-update-SINTA-dari-google-scholar
    Itu akan mengarahkan pengguna ke halaman artikel yang dipublikasikan melalui Google. Sinkronasi, adalah langkah yang selanjutnya kita lakukan.
  3. Pilih Request Synchronization
    Sekarang, kita akan melakukan sinkronisasi pada Publikas Google. Pilih tombol Request Synchronization. Tangkapan layar ini membantu:
    tombol-sinkronasi-google-scholar-sinta
    Pastikan Anda melewati semua tahapan sinkronasi. Bila terdapat permintaan persetujuan, setujui itu untuk mulai proses. Itu akan memerintahkan laman SINTA untuk melakukan sinkronasi ke Profil Google Scholar. Ia akan mengambil data seluruh publikasi yang ada disana, dan menampilkannya di SINTA.

Langkah di atas, akan membantu Anda dalam melakukan Update SINTA dari Google Scholar. Selain itu, Anda juga dapat melakukan update naskah lainnya, seperti Update Publications Garuda, Update Publications Scopus, dan masih banyak lagi.

Jika Anda mengalami kendala saat melakukan Update SINTA dari Google Scholar, beritahu Saya melalui kolom komentar, SEKARANG!

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar