Siklus Dalam PTK

Siklus adalah istilah inti dalam penelitian tindakan kelas. Jadi, setiap peneliti harus memahami lebih lanjut tentangnya. Kajian ini, merupakan bagian dari Penelitian Tindakan Kelas. Mari kita pelajari.





Pengertian Siklus




Siklus dalam PTK (Penelitian Tindakan Kelas) adalah serangkaian tahapan yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Siklus dalam PTK terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.








Siklus Dalam PTK




Siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah serangkaian tahapan yang dilakukan dalam proses penelitian tindakan kelas. Siklus ini terdiri dari empat tahap, yaitu



  1. Perencanaan (Planning)
    tahap ini meliputi perencanaan kegiatan pembelajaran, menentukan indikator keberhasilan, menentukan metode pengumpulan data, dan menyusun instrumen penelitian.

  2. Pelaksanaan (Acting)
    tahap ini meliputi pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan rencana yang telah disusun, serta memperhatikan aspek-aspek lain seperti manajemen kelas, media pembelajaran, dan interaksi dengan siswa.

  3. Pengamatan (Observing)
    tahap ini meliputi pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

  4. Refleksi (Reflecting)
    tahap ini meliputi analisis data, evaluasi hasil penelitian, dan penyusunan rencana tindak lanjut.



Siklus PTK dapat dilakukan dalam dua siklus atau lebih, tergantung pada kebutuhan penelitian. Setiap siklus terdiri dari tahapan yang sama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.



Komentar