Ciri-Ciri Masalah Dalam Penelitian Tindakan Kelas

Reza Noprial Lubis

Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah langkah penelitian yang dilakukan oleh guru atau dosen untuk memperbaiki praktik pembelajarannya di kelas. Pada dasarnya, masalah yang menjadi fokus penelitian tindakan kelas adalah masalah yang terjadi di kelas itu sendiri dan mempengaruhi proses pembelajaran yang dilangsungkan. Berikut adalah beberapa ciri masalah penelitian tindakan kelas:

  1. Terkait dengan praktik pembelajaran
    Masalah yang menjadi fokus penelitian tindakan kelas harus terkait dengan praktik pembelajaran di kelas. Contohnya, masalah yang terkait dengan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, masalah yang terkait dengan motivasi siswa dalam belajar, atau masalah yang terkait dengan interaksi antara guru dan siswa.
  2. Terkait dengan kebutuhan siswa
    Masalah yang menjadi fokus penelitian tindakan kelas harus terkait dengan kebutuhan siswa. Contohnya, masalah yang terkait dengan kebutuhan siswa akan pembelajaran yang lebih interaktif, masalah yang terkait dengan kebutuhan siswa akan bimbingan dan arahan yang lebih jelas, atau masalah yang terkait dengan kebutuhan siswa akan lingkungan belajar yang lebih kondusif.
  3. Dapat diatasi dengan tindakan yang dapat dilakukan oleh guru atau dosen
    Masalah yang menjadi fokus penelitian tindakan kelas harus dapat diatasi dengan tindakan yang dapat dilakukan oleh guru atau dosen. Contohnya, tindakan yang dapat dilakukan oleh guru atau dosen untuk memperbaiki masalah tersebut adalah dengan mengubah metode pengajaran, memberikan bimbingan dan arahan yang lebih jelas, atau menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif.
  4. Relevan dengan tujuan pembelajaran
    Masalah yang menjadi fokus penelitian tindakan kelas harus relevan dengan tujuan pembelajaran. Contohnya, masalah yang terkait dengan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran harus relevan dengan tujuan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

Dalam melakukan penelitian tindakan kelas, penting untuk memilih masalah yang dapat diatasi dengan tindakan yang dapat dilakukan oleh guru atau dosen. Masalah yang dipilih juga harus relevan dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar