Penelitian Kualitatif Grounded Theory: Pengertian, Metode, dan Realitas Subjektif

Salah satu jenis penelitian kualitatif yakni Penelitian Kualitatif Grounded Theory. Halaman ini, akan menjelaskan lebih dalam tentang grounded theory.
Reza Noprial Lubis
penelitian_kualitatif_grounded_theory

Salah satu jenis penelitian kualitatif adalah Penelitian Kualitatif Grounded Theory. Halaman ini, akan menjelaskan lebih dalam tentangnya, berupa pengertian, metode, dan hal terkait lainnya. Mari kita teruskan.

Pengertian Penelitian Kualitatif Grounded Theory

Penelitian kualitatif grounded theory adalah sebuah metode penelitian kontekstual yang bertujuan untuk mengungkap realitas subjektif dari perspektif partisipan atau subjek yang diteliti. Pengertian penelitian kualitatif grounded theory sendiri adalah metode penelitian yang menggunakan data empiris dan analisa induktif untuk mengungkapkan teori dan konsep yang muncul dari data yang terkumpul.

Metode penelitian kontekstual ini memiliki beberapa karakteristik, seperti menggunakan data terkumpul secara sistematis, analisa data yang dilakukan dengan cara terus menerus, dan penggunaan teori yang terbentuk dari data itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk menyajikan penjelasan yang akurat dan lengkap tentang suatu fenomena dari sudut pandang subjek yang diteliti.

Penelitian kualitatif grounded theory memiliki manfaat yang besar dalam mengungkap realitas subjektif. Dengan menggunakan metode ini, peneliti dapat memahami pandangan, pengalaman, dan persepsi subjek yang diteliti dengan lebih baik. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk membuat kebijakan yang lebih bermanfaat bagi subjek yang diteliti dan dalam studi-studi lanjutan tentang fenomena yang sama.

Bagian selanjutnya akan membahas lebih dalam tentang contoh judul penelitian kualitatif grounded theory dan bagaimana metode ini digunakan untuk mengungkap realitas subjektif.

Contoh Judul Penelitian Kualitatif Grounded Theory

Berikut adalah beberapa contoh judul penelitian kualitatif grounded theory yang dapat dijadikan referensi:

Judul Penelitian Deskripsi
Peran Keluarga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pasien Kanker Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana peran keluarga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan pasien kanker.
Pengalaman Orangtua dalam Mendidik Anak dengan Autisme Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengalaman orangtua dalam mendidik anak dengan autisme.
Memahami Pengalaman Penderita Depresi dalam Mengatasi Stigma Sosial Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman penderita depresi dalam mengatasi stigma sosial yang terkait dengan kondisi mereka.

Dari contoh-contoh di atas, terlihat bahwa penelitian kualitatif grounded theory dapat digunakan untuk mengungkap realitas subjektif yang berkaitan dengan berbagai topik, seperti kesehatan dan pendidikan. Dengan mengumpulkan data dari partisipan yang beragam, penelitian kualitatif grounded theory dapat memberikan insight dan pemahaman yang detail dan komprehensif terhadap suatu fenomena atau peristiwa.

Kesimpulan

Dalam membahas penelitian kualitatif grounded theory, kita telah mengetahui pengertian dan metode yang digunakan dalam mengungkap realitas subjektif. Melalui pendekatan kontekstual, penelitian ini dapat memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang fenomena yang diamati.

Manfaat penelitian kualitatif grounded theory

Penelitian kualitatif grounded theory memiliki manfaat yang besar dalam memberikan pemahaman tentang realitas subjektif. Penelitian ini dapat memberikan informasi yang detail dan kompleks tentang pengalaman individu dalam konteks tertentu serta memberikan sudut pandang yang berbeda dari penelitian kuantitatif.

Keterbatasan penelitian kualitatif grounded theory

Namun, penelitian kualitatif grounded theory juga memiliki keterbatasan. Keterbatasan tersebut antara lain subjektivitas peneliti dalam mengumpulkan dan menganalisis data, serta sulitnya melakukan generalisasi terhadap temuan penelitian.

Kesimpulan

Dalam mengungkap realitas subjektif, penelitian kualitatif grounded theory dapat menjadi alternatif pendekatan yang efektif. Dengan memahami pengertian dan metode penelitiannya, kita dapat menggunakan penelitian ini untuk mendapatkan informasi yang lebih detail dan mendalam tentang fenomena yang diamati. Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini memiliki keterbatasan dan tidak selalu cocok untuk digunakan dalam setiap konteks penelitian.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar