Cara Membuat Halaman Skripsi Berbeda Antara BAB dan Isi

Halaman ini akan memandu untuk cara membuat halaman Skripsi berbeda antara halaman BAB dan isi. Mari kita pelajari lebih dalam.
Reza Noprial Lubis

Halaman adalah sesuatu yang wajib dalam karya ilmiah skripsi. Namun, bagaimana membuat halaman skripsi berbeda pada tiap-tiap bab? Inilah yang akan dibahas lebih dalam pada bagian ini. Mari kita pelajari.

Halaman Skripsi Berbeda

Sudah tidak asing lagi, bahwa halaman skripsi berbeda antara judul BAB dengan isi BAB. Anda juga mungkin sering melihat, bahwa halaman skripsi itu terdapat perbedaan pada khususnya halaman BAB. Penomoran halaman BAB biasanya diletakan pada bagian bawah, sedang lembar setelahnya berada pada bagian atas (atau sebaliknya).

Sekilas memang terlihat menarik. Namun, tidak sedikit diantara kita yang kesulitan dalam menerapkan hal ini. Teknik sembarang memang juga dapat digunakan untuk hal ini. Namun, itu dianggap mempersulit pekerjaan seperti menempel nomor halaman dengan kotak berwarna putih agar tidak terlihat tatkala dicetak, dan banyak hal teknis lainnya.

Lihatlah gambar ilustrasi ini:

Ilustrasi_halaman_skripsi_berbeda

Oleh sebab itu, halaman ini akan menjelaskan tentang cara membuat halaman skripsi berbeda antara BAB dan isi BAB. Itulah yang akan muncul pada pembahasan berikutnya.

Cara Membuat Halaman Skripsi Berbeda

Untuk dapat membuat halaman berbeda di Microsoft Word, yang perlu dilakukan adalah memisahkan antara halaman yang satu dengan yang lainnya dengan "NEXT PAGE". Ini berfungsi untuk memisahkan antar halaman, sehingga akan memudahkan pengguna untuk menempatkan penomoran halaman. Agar lebih memudahkan pengerjaan, disarankan untuk memperkecil tampilan layar, sehingga terlihat 2 halaman sekaligus.

  1. Pisahkan Halaman
    Sekarang, kita akan memisahkan halaman BAB dengan isinya. Aktifkan kursor pada teks akhir dari halaman BAB atau awal pada halaman isi. Pilih menu LayoutBreaksNext Page
    menu-layout-microsoft-word-pisahkan-halaman
  2. Beri Penomoran Untuk Halaman BAB
    Sekarang yang perlu kita lakukan, adalah memberikan penomoran di halaman BAB. Aktifkan mode "Footer" dan mulai menyesuaikan nomor halaman. Ingat, ini perlu perhatian lebih dimana ini menjadi fokus Anda. Gunakan halaman yang diinginkan. Pada kasus ini, kita gunakan posisi di tengah-bawah untuk halaman 16.
    Abaikan nomor halaman 16 yang kedua (kotak berwarna biru). Itu masih mengikut gaya pada halaman BAB yang baru saja kita susun. Tetaplah fokus untuk menyesuaikan halaman BAB.
    Sampai tahapan ini, kita sudah berhasil menyesuaikan halaman BAB, yang diletakkan di bawah-tengah. Sekarang, kita perlu menonaktifkan Gaya pada halaman berikutnya, agar tidak mengikut pada Gaya halaman BAB yang telah disesuaikan sebelumnya.
  3. Non-Aktifkan Link to Previous
    Sekarang, tugas kita adalah mengubah halaman berikutnya pada bagian "Footer" agar tidak mengikuti pada Gaya yang telah ditetapkan untuk halaman BAB. Arahkan kursor ke halaman berikutnya, dan Non-Aktifkan Link to Previous. Ia berada pada menu DesignLink to Previous. Tangkapan layar ini dapat dijadikan panduan:
    non-aktifkan-link-to-previous-microsoft-word
    Pastikan tombol Link to Previous dalam kondisi tidak aktif, agar gaya penomoran tidak mengikuti pada halaman sebelumnya.
    Sekarang, kita bebas untuk membuat sesuatu untuknya. Anda dapat menghapusnya. Itu seharusnya tidak akan mengikuti pada halaman sebelumnya, tapi akan mengikut pada halaman setelahnya. Sekarang, tugas selanjutnya adalah membuat halaman isi berada pada bagian pojok kanan atas. Mari kita lakukan.
  4. Aktifkan Header dan Tambahkan Penomoran Halaman
    Sekarang, aktifkan "Header" pada halaman isi. Tambahkan halaman dan posisikan ia dibagian atas kanan.
    Pergi ke DesignPage NumberTop of PagePlain Number 3. Itu akan memposisikan halaman tepat berlokasi di pojok kanan-atas.
  5. Non-Aktifkan Link to Previous Header
    Sama seperti tindakan sebelumnya, non-aktifkan Link to Previous pada bagian Header. Bila pada tahapan sebelumnya bekerja untuk bagian Footer, sekarang kita bekerja pada bagian Header. Tangkapan layar ini membantu:
    link-to-previous-header
    Sekarang Link to Previous telah di non-aktifkan. Itu berarti, halaman BAB dan ISI kini telah berbeda, dan kita dapat melakukan design khusus untuk keduanya secara terpisah. Ia tidak akan saling mengikut untuk tampuilan Gaya yang ada.
    Karena halaman yang saat ini kita tuju, adalah halaman ISI, pastikan posisi halaman isi telah berada ditempat yang diinginkan. Dalam kasus ini, penomoran halaman isi berada di pojok kanan-atas.
    Hapus nomor halaman yang ada pada bagian BAB. Bila semua langkah diterapkan dengan benar, ini semestinya hanya berlaku untuk halaman BAB, dan nomor halaman pada bagian isi tidak akan ikut terhapus. Lihatlah tangkapan layar ini:
    halaman-bab-telah-terhapus-cara-membuat-halaman-skripsi
  6. Perbaharui Penomoran Halaman
    Sekarang, mari kita lihat nomor halaman yang tertera pada halaman isi. Itu akan terlihat sama seperti halaman BAB. Dalam contoh kasus ini, nomor halaman Saya yaitu 16 (sama antara BAB dan isi). Sekarang tugas kita adalah memperbaharui nomor halaman. Lakukan langkah ini:
    • Aktifkan Header dan letakkan kursor pada nomor halaman isi (pojok kanan-atas);
    • Pergi ke DesignPage NumberFormat Page Numbers...
    • Sesuaikan jenis penomoran yang sesuai dengan sebelumnya. Aktifkan Continue from previous section
    Untuk panduan tambahan, lihatlah tangkapan layar ini: mengatur-nomor-halaman-sesuai-dengan-sebelumnya-cara-membuat-halaman-skripsi
    Angka yang tertera pada menu "Start at" semestinya tidak terisi, ketika kita mengkatifkan "Continue from previous section". Pilihan opsi itu, akan membuat halaman mengikut secara otomatis untuk halaman yang terdeteksi sebelumnya.

Sekarang, halaman skripsi telah terbuat dengan baik, sesuai dengan apa yang diinginkan. Halaman BAB di-design berbeda dengan halaman isi dan membuatnya terpisah. Langkah ini membuat kita bekerja secara terpisah untuk halaman BAB dan halaman isi, serta untuk bagian FOOTER dan HEADER.

Penting!
Bila Anda menemukan kesalahan untuk penomoran halaman, perbaharui pengaturan halaman.

Kesimpulan

Untuk membuat halaman skripsi berbeda dari halaman BAB dan isi, diperlukan pekerjaan untuk dua tempat. Pekerjaan itu adalah pengaturan untuk bagian Header dan Footer. Itu karena kedua posisi itu tidak saling terikat.

Faktor pemahaman terhadap fungsi Link to Previous merupakan bagian yang penting disini. Itu semestinya tidak diaktifkan pada bagian yang ingin dipisahkan dengan sebelumnya.

Bagaimana dengan cara membuat halaman skripsi yang Anda lakukan? Apakah ada cara lain? Bila ditemukan kendala dalam penggunaan, jangan sungkan untuk memberitahu Saya melalui kolom komentar dibawah ini, sekarang.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Comments