Menerima Mahasiswa Untuk Konsultasi Akademik

Hari ini, Saya kedatangan mahasiswa dimana mereka secara langsung ingin berkonsultasi seputar aktivitas akademik mereka. Mari lihat kegiatan ini.
Reza Noprial Lubis

Tahun ini, Saya memang ditugaskan sebagai Dosen Penasehat Akademik bagi mahasiswa tertentu. Setidaknya, ada tiga kelas yang ditanggung jawabi untuk akademik mereka.

Jadi hari ini, para mahasiswa datang untuk berkonsultasi, yang lebih khusus membahas tentang penelitian yang akan dilangsungkan.

Yang paling mendasar, Saya senang bahwa mereka sadar akan langkah-langkah akademis yang semestinya mereka libatkan dalam proses perkuliahannya. Sayang sekali bila diabaikan, yaitu konsultasi dengan Penasehat Akademik.

Mahasiswa Konsultasi Bimbingan Akademik
Sedang melaksanakan kegiatan Bimbingan Akademik

Pada akhirnya, Saya bercerita banyak dengan mereka, memberikan berbagai saran dan perbaikan, untuk aktivitas akademik mereka selanjutnya (khususnya dalam persoalan penyelesaian skripsi).

Topik yang paling menarik hari ini adalah soal judul penelitian. Mereka meminta saran tentang berbagai judul penelitian yang sebelumnya telah mereka persiapkan, untuk diajukan ke kampus.

Berbagai saran juga Saya jabarkan, termasuk membuka pandangan mereka dari sisi metodologis serta konsep atau teori-teori yang akan mereka gunakan nantinya. Sehingga dari sini akan tergambar, bahwa judul adalah elemen terbesar dalam sebuah karya ilmiah seperti skripsi.

Anda semestinya mampu menghasilkan judul yang unik. Dan "UNIK" bukan berarti belum pernah diteliti. Mengacu pada hal-hal yang sedang hangat dan trend, membuka peluang untuk menghasilkan karya ilmiah yang fantastis.

Reza Noprial Lubis
Seorang praktisi pendidikan yang gemar menulis. Halaman blog ini, didedikasikan untuk memberikan nilai edukasi kepada setiap pengunjung tentang pendidikan Islam.
Komentar